Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Simulasi PHET Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Authors

  • Siti Aminah Universitas Mataram
  • Aris Doyan Universitas Mataram
  • Hikmawati Hikmawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jppfi.v1i1.15

Abstract

This research aim to into examine the effect of quantum learning model assisted phet simulation  for students physic concept mastery. This type of research is quasi experiment with untreated control group design with pretest and posttest. The research popuplation was all students os XI MIA MAN 2 Mataram. Sampling technique of this research use cluster random sampling so that there are two classes that is XI MIA 5 as the experimental class and XI MIA 6 as the control class. Type test used 20 choice question for concept mastery. The posttest mean value for concept mastery in experimental class and control class is 54,29 and 44,54. Hypothesis testing of this research is MANOVA. The resul of MANOVA test show a significant 0,043 so H0 is rejected and Ha is accepted. The conclution of this research is there is the effect of quantum learning model assisted phet simulation for students physic concept mastery.

References

Anggriani, S dan Ida, W. 2019. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media PhET Terhadap Kelas XI di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. 5(1), 1-4.

Aprita, D. F., Bambang S., dan Trapsilo, P. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Menggunakan Four Tier Test pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(3), 315-321.

Arianti B. I., Sahidu, H., Harjono, A., dan Gunawan, G. 2016. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual terhadap Penguaaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(2), 159-163.

Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hayati, S. N., Hikmawati, H., dan Wahyudi, W. 2017. Pengeruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1),48-54.

Iswana, L. F., Setyarsih, W., dan Kholiq, A. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Materi Fluida Dinamis Melalui Instrument Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan. 5(3), 170-173.

Jauhari, T., Hikmawati, H., dan Wahyudi, W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.

Nisrina , N., Gunawan, G., dan Harjono, A. 2016. Pembelajaran Koopertif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 66-72.

Sunni, M. A., Wartono, W., dan Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Vol. 3, 103-107.

Zahara, S. R., Yusrizal., dan Rahwanto, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Komputer berbasis simulasi Physics Education Technology (PhET) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1), 251-258.

Downloads

Published

2020-02-06

How to Cite

Aminah, S., Doyan, A., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Simulasi PHET Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v1i1.15

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)