Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Melalui Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29303/jppfi.v1i1.12Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan media, dan tahap uji coba media. Tahap studi pendahuluan dilaksanakan dengan studi kepustakaan dan penelitian pendahuluan. Tahap pengembangan media menghasilkan draft media. Penelitian dilanjutkan dengan tahap implementasi ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas di SMAN 1 Labuhan Haji Lombok Timur. Pembelajaran materi fluida dinamis di kelas eksperimen menggunakan multimedia interaktif sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil pembelajaran di kedua kelas dianalisis menggunakan uji Anava dua jalan dan skor gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan multimedia interaktif secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa.   Â
Â
Kata kunci: multimedia interaktif; pendekatan saintifik; hasil belajar, keterampilan generik sains, motivasi belajar
Â
References
Brotosiswoyo, B.S. 2002. Hakekat Pembelajaran MIPA & Kiat Pem-belajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Tim Penulis Pekerti Bidang MIPA, Proyek Pengembangan Universitas Terbuka, Depdiknas.
Ferawati. 2011. Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika pada topik Fluida Dinamis. Proseding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Hake, R.R. 2001. Suggestions for Administering and Reporting Pre/Post Diagnostic Tests, unpublished; online as ref. 14 at <http://physics.indiana.edu/~hake/>
Iriany. 2009. Model Pembelajaran Inkuiri Laboratorium Berbasis Teknologi Informasi Pada Konsep Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMU.Tesis. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Mata Pelajaran Fisika SMA/SMK. Jakarta: BPSDMPK-PMP Kemdikbud.
Liliasari. 2009. The Use Of Interactive Multimedia To Enhance Students’ Generic Science Skills, Paper, International Seminar on r-ICT ITB. Tersedia online di http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI. PENDIDIKAN_IPA/ 194909271978032-LILIASARI/makalah_itb_o9,ibu_LILIA,_edit.pdf. Diakses tanggal 10 Nopember 2014.
McAndrews, et.al. 2005. Relationships among Learning Styles and Motivation with Computer-Aided Instruction in an Agronomy Course. Journal of Natural Resources and Life Sciences Education; Vol 34, 2005; p. 13.
Rusipal. 2014. Pengembangan Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Listrik Statis di SMA Negeri 2 Muara Beliti. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran, Vol 1 No. 2 (2014). h. 162-170
Sadaghiani. 2012. Controlled Study On The Effectiveness Of Multimedia Learning Modules For Teaching Mechanics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 8, 010103 (2012)
Saprudin., dkk. 2010. Developing Generic Skills of Prospective Teacher Through Offline and Online Interactive Multimedia in Physics Learning. Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.
Sutarno. 2011. Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Medan Magnet untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Exacta, Vol IX No. 1 Juni 2011. h.60-66
Tarekegn, Getachew. 2009. Can Computer Simulations Substitute Real Laboratory Apparatus?. Latin American Journal of Physics Education, Vol. 3, No. 3, Sept. 2009. Tersedia online di http://www.journal.lapen. org.mx
Wiyono, K., dkk. 2009. Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Relativitas Khusus Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Sriwijaya Palembang pada tanggal 14 Mei 2009.
Wiyono, K., Liliasari., Setiawan,A., Paulus,CT. 2012. Model Multimedia Interaktif Berbasis gaya Belajar untuk meningkatkan penguasaan konsep pendahuluan fisika zat padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) hal. 74-82
Wiyono, K. 2009. Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. III No. 1, Maret 2009, h.21-30.