Pengembangan Bahan Ajar Kajian Fisika Sekolah Menengah Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Calon Guru

Authors

  • Sutrio Sutrio Universitas Mataram
  • Joni Rokhmat Universitas Mataram
  • Satutik Rahayu Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.110

Abstract

The objectives of this study is to develop project-based Physics Study teaching materials for Middle School that can improve concept mastery of high school teacher candidates. This research includes education development divided into three steps i.e the preliminary study, the product design development, and the product testing. The results showed that the developed instructional materials were suitable for use in learning and fulfilled the validation test by experts for the components of content feasibility, presentation and language in a good category. The responses of the student after using the teaching materials are very good for supporting and completing teaching materials during lectures. The tested teaching materials of Physics learning in Middle School can improve mastery of high school physics concepts for teacher candidates.

Keywords: project-based teaching materials, school physics studies, mastery of physics concepts

References

Gatot Widodo, J. (2015). Pengembangan Dan Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek. invotec, 443.

Jarwanto, A. (2012, October). Pembelajaran proyek mata Pelajaran Fisika di SMA sebagai starting point pembentukan budaya meneliti. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 1, pp. 121-125).

Kurniawan, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Terkait Sains Siswa SMP.(Studi Esperimen Di SMP Negeri 4 Singaraja). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Lawson, A. E. (1995). Science teaching and the development of thinking. Belmont, CA: Wadsworth.

Monika, Y., Mayub, A., & Purwanto, A. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 25-30.

Oktadifani, U., Lesmono, A. D., & Subiki, S. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 109-114.

Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 2(2), 19-237.

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Sutrio, S., Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 131-140.

Widodo, G. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Hasil belajar berorientasi Standar Kompetensi Nasional (SKNI) dan Standar Industri Bidang Perbaikan Motor Listrik (PML). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3).

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Sutrio, S., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kajian Fisika Sekolah Menengah Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Calon Guru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.110

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>