Analisis Kebijakan Tentang Manajemen dalam Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia

Authors

  • Sahwi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Mataram
  • Mahyudin Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.985

Keywords:

Kebijakan, Manajemen, Pendidikan Jarak Jauh,

Abstract

Kajian dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berbagai kebijakan pemerintah selama pelaksanaan pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh (PJJ) di Indonesia telah menjadi salah satu alternatif penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di tengah keterbatasan akses fisik, terutama di daerah terpencil dan selama pandemi COVID-19. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan manajemen yang diterapkan dalam pelaksanaan PJJ di Indonesia. Melalui pendekatan analisis kebijakan, penelitian ini mengkaji berbagai regulasi yang mendasari pelaksanaan PJJ, termasuk kebijakan yang terkait dengan infrastruktur teknologi, penyediaan materi ajar, pelatihan guru, dan evaluasi hasil belajar. Analisis ini juga mencakup tantangan yang dihadapi oleh pemerintah, lembaga pendidikan, dan peserta didik dalam menjalankan PJJ, serta langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah ada upaya yang signifikan dalam mengembangkan kebijakan untuk mendukung PJJ, masih terdapat kendala besar dalam hal aksesibilitas teknologi, kualitas pembelajaran, dan kesenjangan antara daerah urban dan rural. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan kebijakan yang lebih inklusif dan berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan PJJ di Indonesia, dengan memperhatikan kebutuhan lokal dan ketersediaan sumber daya.

References

Alwi, M. H., Nurfaridah, K., Purba, S. A. B., Hati, S. P., & Nasution, F. (2022). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13067–13075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10680

Asrofi, I., Agustin, I. R., Cahyati, S. N., Fathkiyah, L., & Toriyono, M. D. (2025). Peran Pendidikan dalam Membangun Toleransi di Lingkungan Pendidikan. Al Madjid: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 18–29.

Azzahra, N. F. (2020). Addressing distance learning barriers in Indonesia amid the Covid-19 pandemic. https://hdl.handle.net/10419/249436

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 11(2). https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/653%0A

Irwan, I., Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran pada masa darurat covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 89–95. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4238

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan inovasi pendidikan: Arah pendidikan di masa depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nurcahya, A., Zohriah, A., Firdaos, R., & others. (2024). Basic Concepts of Educational Management. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 9(1), 9–20. https://doi.org/10.29103/j-mind.v9i1.16479

Nurhikmah, N. (2024). Educational management functions: Planning, organizing, actuating, controlling. INTIHA: Islamic Education Journal, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.58988/intiha.v1i2.293

Oktavia, W. S. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Analisis Uu Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia, 4(1), 98-107. Retrieved from http://repository.iaincurup.ac.id/524/

Rohani, I. (2020). Kajian Kebijakan Pendidikan Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 1(1), 80-99.

Safiq, A. (2022). IT dan Pendidikan Distance Education. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Sari, W., Rifki, A. M., Karmila, M., Dwiyama, F., & Aziz, M. B. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2). https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i2.830

Shattuck, K. (2023). Reminiscences: The Origin of the Term “Distance Education.†American Journal of Distance Education, 37(3), 165–168. https://doi.org/10.1080/08923647.2023.2238387

Sitepu, F. R., Sitepu, D. S., Simanjuntak, E. E., & others. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 209–216. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43402

Zainal, N. H. (2020). Tantangan kebijakan pembelajaran jarak jauh di era pandemi Covid 19. PENCERAHAN, 14(2), 133-151.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Sahwi, S., Mahyudin, M., & Muhammad. (2025). Analisis Kebijakan Tentang Manajemen dalam Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 887–891. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.985

Issue

Section

Articles