https://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/issue/feedJurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)2025-02-21T02:00:17+00:00Syahrial Ayub, M.Si[email protected]Open Journal Systems<p align="justify"><strong>Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)</strong> merupakan wadah publikasi penelitian pendidikan, sains, geologi dan geofisika. Cakupan dari jurnal ini adalah artikel ilmiah berupa hasil penelitian yang meliputi pendidikan, sains, kebumian, geologi dan geofisika.</p>https://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/680Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI di SDN 1 Tamansari 2025-02-21T00:51:13+00:00Fely Alvira[email protected]Ida Ermiana[email protected]Faizah[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI di SDN 1 Tamansari dengan menggunakan media wordwall.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK. Adapun model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain PTK Kemmis. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes . Teknik dalam analisis data yaitu menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam hasil belajar matematika.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik yang terlihat pada siklus I dan siklus II dalam pelajaran Matematika kelas VI di SDN 1 Tamansari. Adapun hasil analisis data yang diperoleh yaitu pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 15 orang dan yang tidak tuntas 16 orang dengan persentase ketuntasan 48 % dan ketidaktuntasan 52 %. Selain itu, pada siklus II terjadi peningkatan dengan data jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 31 orang dan yang tidak tuntas 0 orang dengan persentase ketuntasan mencapai 100 % dan ketidaktuntasan 0 %.Dengan demikian penggunaan media Wordwall yang berbasis permainan berteknologi dapat meningkatkan hasil peserta didik pada pembelajaran Matematika pada kelas VI di SDN 1 Tamansari.</p>2025-02-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)https://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/682Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII H SMPN 6 Mataram Tahun Pelajaran 2023/20242025-02-21T00:52:17+00:00Yunita Fitri[email protected]Samaratus Sadri[email protected]Syahrul Azmi[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 40 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian in yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi yaitu pada siklus I 60%, siklus II 73% dan siklus III 84%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siklus I 50%, siklus II 70% dan siklus III 82,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik.</p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)https://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/683Peran Peran Teknologi Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram2025-02-21T00:57:29+00:00Muhammad Kasyiful Kurabi[email protected]Rozi Fadillah[email protected]Devani Espana[email protected]Fitria Ningsih[email protected]Ema Suryani Azmi[email protected]Lidya Arini Sholeha[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi interaktif berbasis web dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP NW Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana pemilihan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert, kemudian diolah lebih lanjut menggunakan software SPSS. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa Teknologi Informasi dan Kemudahan Penggunaan merupakan faktor yang efektif terhadap motivasi belajar siswa. Nilai koefisien regresi masing-masing sebesar 0,608 dan 0,632. Kemudahan Penggunaan juga lebih berpengaruh terhadap variabel terikat motivasi belajar, dengan nilai t-hitung sebesar 6,194 dan signifikansi dibawah 0,001. Keseluruhan model regresi signifikan berdasarkan hasil uji ANOVA: F=23,439; oleh karena itu, nilai p-nya juga di bawah 0,001. Temuan ini menegaskan bahwa kegunaan dan kemudahan penggunaan teknologi informasi diperlukan secara bersama-sama untuk membuat lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung yang akan sangat meningkatkan motivasi belajar di kalangan siswa.</p>2025-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)