Analisis Kebijakan tentang Ujian Nasional
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.980Keywords:
Ujian Nasional, Kebijakan Pendidikan, Analisis Kebijakan, Studi Literatur, Sistem PendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan Ujian Nasional dengan menggunakan pendekatan studi literatur. Studi ini mengkaji berbagai penelitian, laporan kebijakan, serta pendapat para ahli mengenai dampak, efektivitas, dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Berdasarkan hasil analisis literatur, ditemukan bahwa meskipun UN berperan penting dalam standarisasi penilaian, namun kebijakan ini juga menghadapi kritik terkait dengan tekanan psikologis pada siswa, ketidakadilan dalam akses pendidikan, dan ketidaksesuaian dengan kebutuhan pengembangan kompetensi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan perlunya evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan UN untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
References
Adam, A., & Wahdiah, W. (2023). Analilis Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 723–735.
Alawiyah, F. (2015). Perubahan kebijakan ujian nasional (studi pelaksanaan ujian nasional 2015). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), 189–202.
Frederich, R., Nurhayati, N., & Purba, S. F. (2023). Peranan pendidikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 28(1), 123–136.
Handayani, M., Yufridawati, Y., & Perdana, N. S. (2020). Ujian yang ideal di masa mendatang. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan~….
Hidayat, C., Paridy, A., Erlinengsih, E., & Mauliansyah, F. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kumpulan Teori MSDM. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kimbal, G., Rotty, V. N., Lengkong, J. J., & Lumapow, H. R. (2022). Kebijakan Pendidikan Ujian Akhir Nasional. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7, 392–394.
Mukhlishoh, N., & Bakar, M. Y. A. (2021). Ujian Nasional: Harapan dan tantangan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 59–65.
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.
Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274–293. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79
Sari, R. K. (2021). Penelitian kepustakaan dalam penelitian pengembangan pendidikan bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69.
Sholihan, M. P., Rusmayani, N. G. A. L., Udil, P. A., Shalehati, N. A., Hafizi, M. Z., Yuliani, S. P., & Aran, A. M. (2024). Evaluasi Pembelajaran. Cendekia Publisher.
Silverius, S. (2010). Kontroversi ujian nasional sepanjang masa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 194–205.
Sulistyo, G. H. (2014). Ujian Nasional (UN): Harapan, tantangan, dan peluang. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 6.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Windiyani, T., Kurnia, D., & Purnamasari, R. (2020). Profesi Kependidikan. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.