Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v3i1.98Keywords:
Kata Kunci, Pengembangan, Perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, getaran haramonisAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasismasalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang valid, efisien, dan efektifuntuk digunakan dalam pembelajaran pada materi getaran harmonis Penelitian inimerupakan Jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Padatahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan Tahap Design,merancang produk perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, instrumen teskemampuan berpikir kritis, dan video pembelajaran. Data kevalidan perangkatpembelajaran diperoleh dari hasil validasi 6 validator yang terdiri dari 3 validator ahli dan3 validator praktisi. Kepraktisan atau keefisienan perangkat pembelajaran diperoleh dariangket respon peserta didik serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Peningkatankemampauan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan menentukan standar gain darihasil sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan komponenperangkat pembelajaran dalam kategori sangat valid untuk silabus dan cukup valid untukRPP, LKPD, instrumen tes kemampuan berpikiri kritis, dan video pemebeljaran yangberarti cukup baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Reliabilitas silabus, RPP, LKPD,instrumen tes kemapauan berpikir kritis, dan video pembelajaran diatas 75 %menunjukkan semua komponen yang dinilai berada pada kategori reliabel. Hasil responpeserta didik, serta keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat praktis.Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0,66 yangberada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkatpembelajaran berbasis masalah valid, efisien dan efektif digunakan untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis peserta didik.References
Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. 2017. Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1).
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1).
Mutoharoh. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPA UIN Syarif Hidayartullah. Jakarta: Tidak Diterbitkan.
Sujarwanto, E, et al. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling Instruction pada Siswa SMA kelas XI. Jurnal pendidikan IPA. Hlm. 66
Gunawan. 2017. Keterampilan Berfikir dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.
Lusiana, Diyah dan Lestari, Wahyu. Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Of Educational Research and Evaluation.
(1).
Borich, Gray D. 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Munandar, Haris., Sutrio.,& Taufik, Muhammad. 2018.
Pengaruh Model Pemebelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1).
Meltzer, David E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible “Hidden Variable†In Diagnostic Pretest Scores. Departement of Physics and Astronomy, Lowa State University
Journal. Diambil pada tanggal 22 Juli 2020 dari http://www.physicseducation.net/docs/Adde ndum_on_normalized_gain.