Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Flashcard

Authors

  • Dian Ernasari Universitas Mataram
  • Fahruddin Fahruddin Universitas Mataram
  • Irma Suyatna Rizki Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.960

Keywords:

Penelitian tindakan kelas (PTK), Pendekatan Culturally Responsive Teahing (CRT), motivasi belajar, media flashcard

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 SDN 19 Mataram pada kelas 1 menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teahing (CRT). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada 2 siklus. Dengan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SDN 19 Mataram tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 14 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diatas, dapat menyimpulkan bahwa penerapan atau mengimplementasikan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media flashcard pada mata pelajaran matematika. Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus 1 yang dimana persentase sebanyak 15%, sedangkan pada siklus 2 persentase motivasi belajar sebanyak 65%. Oleh karena itu, dengan menerapkan pendekatan CRT dengan menggunakan media flashcard tertarik dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.

References

Ardila, Prasasti, T.A.P, Watie, H.R.(2024). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Game Interaktif QuizWhizzer. Journal Innovation in Education.Vol 2.No 4.Hal 230-235. doi: https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1916

Daniyati, A, Saputri, B.I, Wijaya, R, Septiyani, A.S, Setiawan, U.(2023).Konsep Dasar Media Pembelajaran.Journal of Student Research (JSR).Vol.1.No.1.Hal 282-294

Fitriah, L, Gaol, L.E.M, Cahyanti, R.N, Yamalia, N, Iriani, ,T.I.M.N.(2020).Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. Journal of Language, Literature, and Arts.4(6)

Hardianti, D.(2023). Peningkatan Minat Belajar Ipas Melalui Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn 01 Sumbersari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.Vol 09.No 02

Mardiyanti, A,E,N., Kurdaningsih., Sanajaya, M,G,I.(2024). Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Madiun. PENDIPA Journal of Science Education.8(2), 126-130

Nirwana, H, Neviyarni, Z.E.N.(2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan.Vol 1.No 2.doi: https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767

Roseana, A., Kariana, A., Amrullah, K,A.(2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Unsur Intrinsik Cerita Peserta Didik Kelas Vc Sdn Pakis V Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.Vol. 9 No. 2

Saputri, W.S.(2020). Pengenalan Flashcard Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. Jurnal ABDIKARYA.Vol 2.No 1

Siregar, K,N,L., Yana, P,S., Suryani, I, Haryati, D, Hutabarat, S, Nadira, A,D, Siregar, H,T.(2024). Pembelajaran Matematika Pada Kelas 3 SD Di SD N 101765. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial. Vol 2. No 1

Utomo, P., Asvio, N., Prayogi, F.(2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia.Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia.Vol: 1.No 4.Page: 1-19

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles