Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN 42 Ampenan

Authors

  • Imam Barnadid Universitas Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Mataram
  • Bambang Wirawan SDN 42 Ampenan

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.958

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif Canva, Hasil Belajar dan IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 42 Ampenan melalui penggunaan media pembelajaran interaktif. Metodelogi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 42 Ampenan melalui penggunaan media pembelajaran interaktif canva. Hasil belajar saat pra siklus atau sebelum dilakukan tindakan, rata-rata kelas IV adalah 65,76, untuk ketuntasan terdapat 14 peserta didik atau 41% dan belum tuntas terdapat 20 peserta didik atau 59%. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas adalah 78,92, ketuntasan terdapat 23 peserta didik atau 68% dan belum tuntas terdapat 11 peserta didik atau 32%. Kemudian hasil dari siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 85,90, untuk ketuntasan belajar terdapat 29 peserta didik atau 85% dan belum tuntas terdapat 5 peserta didik atau 15%, dengan demikian, maka hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 6,98.

References

Dweck, C. S. (2016). Mindset: The New Psychology of Success. Ballantine Books.

Hadi, A., & Mulyadi, Y. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 20(1), 78-89.

Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge.

Kemdikbudristek. (2023). Laporan Hasil Belajar Siswa Tahun Ajaran 2022/2023. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2014). The Action Research Planner. Springer.

Kurniawan, D. (2023). Penggunaan Canva dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Solusi Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 16(2), 102-114.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Arista, L. (2026). Pengaruh Interpersonal Relationship Terhadap Problematic Internet Use pada Remaja Di Sumatera Barat. Indonesian Journal of Innovation in Education Research, 1(2), 64–73.

Habibi, Z., Syahidi, K., Wajdi, B., & Yusri, A. (2024). The Influence of Local Wisdom-Based Inquiry Models on Problem Solving Skills. Indonesian Journal of Innovation in Education Research, 1(1), 15–19.

Hasanah, R., & Jumini, S. (2025). Analysis of the Influence of Using Learning Media in Increasing Students ’ Learning Motivation. Indonesian Journal of Innovation in Education Research, 1(2), 45–52.

Nadia, Z., Zahara, L., Juandi, T., & Wajdi, B. (2025). Effectiveness of Conceptual Understanding Procedures ( CUPs ) Learning Model on Students ’ Understanding of Physics Concepts. Indonesian Journal of Innovation in Education Research, 1(2), 35–38.

Rahmawati, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Jurnal Elementary, 6(1), 30. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12834

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. ASCD.

Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Indonesia Performance Journal 4, 5.

Sari, M., Purnama, R., & Ramadhan, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 18(3), 145-160

Smith, J., & Brown, A. (2023). "The Impact of Canva-Based Learning Media on Student Engagement and Learning Outcomes". Journal of Educational Technology, 15(2), 78-92.

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles