Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Program Linear
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.954Abstract
Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi (PTKK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams, Games, and Tournament) di kelas XI SMA N 8 Mataram. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus berdasarkan model Kemmis dan Taggart, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI SMA N 8 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, yang dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata siswa Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,3, dengan 71,88% (23 siswa) telah mencapai nilai di atas KKM (75). Sementara itu, pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan lebih lanjut menjadi 81,4, dengan persentase ketuntasan meningkat menjadi 81,25% (26 siswa). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang interaktif dan menarik.
References
Hidayat, R., & Ramadhani, A. (2022). Inovasi Model Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Menengah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kemendikbud. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemmis, S., & Taggart, R. (2014). The Action Research Planner. Jakarta: PT Indeks.
Nurhayati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Pratama, D., & Putri, R. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika di Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sari, F., & Wibowo, T. (2020). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Malang: UMM Press.
Setiawan, B. (2021). Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.