Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) (Studi Kasus: Jalan Terong Tawah Labu Api)

Authors

  • Imanuel Renda Rame Universitas pendidikan Mandalika
  • I Gede Utama Hadi Sutrisna Universitas Pendidikan Mandalika
  • Alpiana Hidayatulloh Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.908

Keywords:

jalan; kerusakan jalan; IKP

Abstract

Ruas jalan darul hikmah terong tawah Lombok Barat ini merupakan jalan kabupaten, jalan ini sering dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan pada permukaan jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui presentase kerusakan jalan serta jenis dan tingkat kerusakan jalan dan penanganannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode IKP (Indeks Kondisi Perkerasan). Hasil penelitian menggunakan metode IKP mendapatkan nilai sebesar 24, dengan kelas kondisi sangat parah (serious), Maka dari itu jenis penanganan yang dapat diterapkan pada ruas Jalan terong tawah labu api Lombok Barat adalah rekonstruksi/daur ulang.

References

Almufid, A. (2016). Perencanaan Geometerik Jalan Agar Mencapai Kenyamanan dan Keamanan Bagi Penggunaan Jalan Sesuai Undang-Undang No. 38 tahun 2012 Tentang Jalan. Jurnal Dinamika UMT, 1(2), Hal. 34-45. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/dinamika/article/view/576/380

Fatikasari, A. D. (2021). Analisa tingkat kerusakan jalan menggunakan metode pci untuk mengevaluasi kondisi jalan di raya cangkring kecamatan krembung, kabupaten sidoarjo. Aulia Dewi Fatikasari, 6(2), Hal. 1-6. https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/erw/article/view/1712

Harming, T. P., Maliki, A., & Soepriyono, S. (2022). Analisa Kerusakan Jalan pada Lapisan Permukaan dengan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Menganti, Wiyung, Kota Surabaya). Axial: jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi, 10(3), Hal. 97-104. https://journal.uwks.ac.id/index.php/axial/article/view/2627

Hidayat, S. R., & Santosa, R. (2018). Kajian Tingkat Kerusakan Menggunakan Metode PCI Pada Ruas Jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo. Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 1(02), Hal. 65-71. https://scholar.archive.org/work/ei7h4wlbufg7zfxu4fsfwyidia/access/wayback/https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/gestram/article/download/1124/pdf

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (Pupr), (2016) penentuan indeks kondisi perkerasan (IKP). 19/Se/M/2016, Hal. 1-79

Kusmaryono, I., & Sepinggan, C. R. D. (2020). Analisis Kondisi Kerusakan Permukaan Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Pedoman Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan Dan Penanganannya Pada Jalan Raya Bogor Di Kota Depok. Jurnal Teknik Sipil, X (1), Hal. 25-33. https://ejournal.istn.ac.id/index.php/cline/article/view/898

Raby, S., Isya, M., Taufiq, L. C., & Fisaini, J. (2023). Analisis Kondisi Perkerasan Kaku menggunakan Metode Indeks Kondisi Perkerasan (Studi Kasus: Akses Jalan di Lingkungan Terminal Banda Aceh). Journal of The Civil Engineering Student, 5(4), Hal. 379-385. https://jim.usk.ac.id/CES/article/view/28094

Sihombing, A. V. R., Surbakti, D. P., Fadilah, A. K., Ambat, R. E., Sirait, T., & Prayogo, R. D. R. B. (2021). Kinerja Perkerasan Jalan Menurut Pedoman IKP Pd-01-2016-B (Studi Kasus: Jalan Nasional Losari–Cirebon KM 26+ 500–30+ 000). Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 23(2), Hal. 92-101. https://jurnal.polban.ac.id/potensi/article/view/3653/2554

Tajudin, A. N. (2021). Evaluasi Kerusakan Perkerasan Lentur Ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Alternatif Penanganannya. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(4), Hal. 837-844. https://scholar.google.com/citations?user=vitpg40AAAAJ&hl=id&oi=sra

Udiana, I. M., Saudale, A. R., & Pah, J. J. (2014). Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan WJ Lalamentik Dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Jurnal Teknik Sipil, 3(1), Hal.13-18. https://www.sipil.ejournal.web.id/index.php/jts/article/view/293

Wira, W. K. P. (2022). Analisis kerusakan jalan perkerasan lentur menggunakan metode pavement condition index (PCI). Jurnal Teknik, 16(1), Hal. 41-52. https://journal.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/9542

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Rame, I. R. ., Hadi Sutrisna, I. G. U. ., & Hidayatulloh, A. . (2025). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) (Studi Kasus: Jalan Terong Tawah Labu Api). Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1045–1048. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.908

Issue

Section

Articles