Implementasi Media Counting Box Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN 33 Mataram

Authors

  • Gina Puspita PPG PGSD, Universitas Mataram
  • Dadi Setiadi Universitas Mataram
  • Sri Lestari SDN 33 Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.880

Keywords:

Counting Box, Wordwall, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan media Counting Box untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 1 SDN 33 Mataram pada materi penjumlahan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 33 Mataram dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 33 Mataram yang berjumlah sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus pembelajaran terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes evaluasi dan doumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase klasikal ketuntasan. Hasil penelitian tindakan kelas ini memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 69,6, dan pada siklus II menjadi 80,45. Siswa yang telah memenuhi ketuntasan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dari 45,45% pada siklus I meningkat secara signifikan menjadi 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil pene;itian dapat disimpulkan bahwa implementasi media Counting Box berbantuan Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas 1 SDN 33 Mataram materi operasi penjumlahan.

References

Dalimunthe, N.M., Siregar, L.H., & Sofiyah, H. (2024). Implementasi Media Counting Box Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Gunung Tua. Jurnal P4I : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 4 (1), 10-15.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya. Metodik Didaktik, 13 (1), 15-25. https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689

Hutagalung, T.B., Andriany, L. (2024). Filosofi Pendidikan Yang Diusung Oleh Ki Hadjar Dewantara dan Evolusi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI), 2 (3), 91-99.

Kartini, D.A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berhitung Sebagai Media Pembelajaran Berhitung. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta, PGRI, 225-234. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5601/1273

Marianda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif JeanPiaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Dasar. An-Nisa` : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13 (1), 116-152.

Rochmadani, P.R., Ekosusilo, M., Siwi, D.A. (2024). Penerapan Media Counting Box Untuk Meningkatkan Hasil dan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (01), 13-26.

Rozi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Counting Box Terhdap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 (satu) SDN 1 Kekait. Renjana Pendidikan Dasar : Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram, 2 (3), 227-231.

Salim, H., Karo, I.R., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Medan : Perdana Publishing

Savira, A., Gunawan. R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5453-5460. https://edukatif.org/edukatif/article/view/3332

Yunita, F.Y., Aunurofiq, F., Ariyani, I.R.,Putri Kirani., S., Muliani,T., Nurhayati, & Trimurtini. (2023). Penggunaan Media Counting Box Sebagai Perwujudan dari Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Penurangan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Podorejo 03. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipine, 1 (11), 85-93. https://doi.org/10.5281/zenodo.10211289

Downloads

Published

2025-08-05

Issue

Section

Articles