Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SDN 36 Cakranegara pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

  • Lilik Khaerun Nisa UNRAM afiliasi
  • Imam Malik Universitas Mataram
  • Sang Ayu Tirtawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.875

Keywords:

Hasil belajar, Culturally Responsive Teaching (CRT)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 36 Cakranegara pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini menggunakan model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes (diagnostik dan hasil belajar). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada pra siklus, tingkat ketuntasan belajar hanya 37,51%, menunjukkan bahwa pemahaman awal peserta didik terhadap nilai-nilai Pancasila masih rendah. Setelah penerapan CRT dalam pembelajaran berbasis Problem-Based Learning (PBL), hasil belajar meningkat secara signifikan. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar mencapai 79,16% dengan nilai rata-rata 83,79. Siklus kedua menunjukkan peningkatan lebih lanjut, dengan ketuntasan 91,67% dan nilai rata-rata 90,29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan CRT yang mengaitkan materi dengan budaya lokal, seperti tari Peresean Sasak dan tari Kecak Bali, dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai Pancasila serta hasil belajar mereka secara keseluruhan

References

Lasminawati, E., dkk. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Problem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), DOI: https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish

Siahaan, A., dkk. (2023). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1). E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351.

Subhan, F. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Qisthos Digital Press.

Tanu, I.K. (2022). Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.59

Ujeng., dkk. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6). ISSN 235-614X

Zahrika, N.A., & Eka, T.A. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar:Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 3(2), DOI: https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles