Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram melalui Pendekatan Teaching at the Right Level berbantuan Media Quizizz

Authors

  • Eka Putri Cahya Ramdhani Universitas Mataram
  • Dwi Aprilia Anggraeni SMP Negeri 11 Mataram
  • Sudi Prayitno

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.871

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan TaRL, Quizizz, Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 11 Mataram melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level berbantuan media Quizizz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas VIII-A pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai meningkat dari 40,69 pada pra-siklus, menjadi 67,00 pada siklus 1, dan 78,62 pada siklus 2. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, dari 10,34% pada pra-siklus menjadi 65,52% pada siklus 1, dan 86,21% pada siklus 2. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan bantuan media interaktif seperti Quizizz mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika.

References

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta didik Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1), 180–189.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Huda, H. (2022). Pembelajaran Melalui Quizizz sebagai Aplikasi Evaluasi Belajar di Kelas VIII B untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPA MTSN 4 Jombang Tahun 2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 333–342. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpecial Issue 2.1296

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17-26.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-4

Iskandar, S., Rosman, P.S., Yuliani, I. P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Salah Satu Sekolah Dasar Kabupaten Purwakarta. Innovative Journal of Social ScienceResearch, 3 (2), 2602–2614.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Jurnal Ilmiah Multidisiplin,1(6), 620-627.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahapeserta didik Prodi Pendidikan Matematika. 6(1)

Pareza, W. P., Ameilia, F., Fitriana, K., Nanik, S., Azis, H., Mahendra, J., & Susanti, M, M, I. (2024). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan TaRL Pada Peserta didik Kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.33175.

Puspitasari, I. A., Azainil, A., & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 75–92.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Susanti, E., Dicki, D., Dosen, H., Tarbiyah, F., Uin, K., Syarif, S., & Riau, K. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam. https://risetiaid.net/.

Wibowo, F. S., Dharmawati, A., & Witanto, Y. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan TaRL berbantuan Media Quizizz Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 8(3), 1760-1770. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7464.

Yosef, Ibrahim, A. R., Yusup, M., Wicaksono, D. T., & Amalia, P. (2023). Teaching at the Right Level: From Pre-service Teachers’ Perspective to Design of Teaching Material. Education Quarterly Reviews, 6(4), 158-171.

Downloads

Published

2025-08-31

Issue

Section

Articles