Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Melalui Media Konkret Papan Penjumlahan dan Pengurangan (Panjurang)
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.859Keywords:
Media konkret, Papan Panjurang, kemampuan menghitung, matematika, penelitian tindakan kelas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa kelas 1 SDN 23 Mataram melalui penggunaan media konkret Papan Penjumlahan dan Pengurangan (Panjurang). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra-siklus dan dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil pra-siklus menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menghitung, dengan 28,57% siswa berada dalam kategori "belum bisa." Pada siklus I, setelah penggunaan media Panjurang, terjadi peningkatan, di mana siswa yang mencapai kategori "sudah bisa" dan "bisa sekali" bertambah menjadi 50%. Pada siklus II, semua siswa telah mencapai kategori "bisa" atau lebih tinggi, dengan 35,71% siswa berada pada kategori "bisa sekali." Penelitian ini membuktikan bahwa media Panjurang efektif dalam meningkatkan kemampuan menghitung siswa. Media ini membantu siswa memahami konsep operasi hitung secara lebih konkret dan interaktif. Dengan demikian, media Panjurang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar.
References
Anggraeni, A., Putri, D. P., & Irsal, I. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Papan Kartu Angka Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bilangan Cacah Kelas IV (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Bruner, J. (1974). Toward a theory of instruction. Harvard university press.
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Melati, P. E., Oktavianus, R., Agustina, S., & Najikhah, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Panjurang Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sd 1 Prambatan Kidul. PROCEEDING UMSURABAYA.
Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., ... & Bara, F. E. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2), 192-199.
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media papan pintar materi perkalian dalam pembelajaran matematika permulaan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2).
Wahab, A., Junaedi, S. P., Efendi, D., Prastyo, H., PMat, M., Sari, D. P., ... & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.