Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 23 Mataram
Keywords:
Team Games Tournament, Hasil Belajar, Model Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 23 Mataram melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran dengan model TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Sebelum penerapan model TGT (pra-siklus), hanya 45% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 50. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan 60% siswa mencapai KKM, dan nilai rata-rata meningkat menjadi 70. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan, dengan 88% siswa mencapai KKM dan nilai rata-rata meningkat menjadi 85. Penerapan model Team Games Tournament terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, interaksi antarsiswa, serta pemahaman materi pembelajaran. Model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
References
Hasanah, Z. ., & Himami, A. S. . (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1987). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. Prentice-Hall, Inc.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner Victoria. Australia: Deakin University.
Mulyadi, D. . (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4537-4543. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1048
Nabilla, H., & Fitriyana, N. (2022). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Matematika. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(1), 34 - 43. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse.v5i1.1621
Riansyah, D. W., Choirudin, C., & Anwar, M. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Kooperatif TGT untuk Teorema Pythagoras. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 1(2), 147–152. https://doi.org/10.61650/ajme.v1i2.544
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in elementary schools. Education 3-13, 43(1), 5-14.