Penerapan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Kantong Perkalian Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 SDN 26 Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.855Keywords:
Problem Based Learning, Kantong Perkalian, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 4 SDN 26 Ampenan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kantong perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media kantong perkalian dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai produk peserta didik meningkat dari 72 pada siklus I menjadi 84,25 pada siklus II. Selain itu, karakter tanggung jawab peserta didik meningkat dari 72,5% pada siklus I menjadi 82,8% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan media kontekstual terbukti efektif dalam pembelajaran matematika untuk materi keliling dan luas bangun datar.
References
Abdurrahma, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Barrett, T. (2017). A New Model of Problem Based Learning. Ireland: AISHE
Chatib, M. (2012). Orang tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.
Hakim. (2000). Belajar secara Efektif: Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, dan Menentukan Cita-cita. Jakarta: Puspa Swara.
Lasminawati, E., Haryanto, R., & Susanti, M. (2023). Meningkatkan hasil belajar dengan pendekatan pembelajaran culturally responsive teaching model problem-based learning. Journal of Science and Education Research, 2(2). https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Murtiningsih, S. Z. (2015). Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran discovery pada peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Ngombak Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 [Skripsi, IAIN Salatiga].
Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center Sidoarjo: Sidoarjo.
Savitri, Intan Ramia. 2017. Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Siti Zaenatun Murtiningsih. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Ngombak Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Salatiga: Skripsi
Suparno, P. (2012). Filsafat Kontruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Wicaksono, dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.