Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 45 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.851Keywords:
Culturally Responsive Teaching, Nilai-nilai Pancasila, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 45 Mataram pada materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CRT dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 86,7 pada siklus I menjadi 93,1 pada siklus II. Peningkatan ini didukung oleh pembelajaran yang lebih kontekstual, pemanfaatan media berbasis budaya lokal, serta strategi interaktif seperti diskusi dan permainan peran. Dengan demikian, pendekatan CRT efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya dalam membangun pemahaman nilai dan karakter siswa di sekolah dasar.
References
Azizan, N., Setiawan, D., Hidayat, M. S., & Lubis, M. (2024). Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. Penerbit Adab.
Banks, J. A. (2019). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching (6th ed.). Pearson.
Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). Teachers College Press.
Hammond, Z. (2021). Liberatory education: Integrating the science of learning and culturally responsive practice. American Educator, 45(2), 4.
Kismatun, K. (2021). Contextual Teaching And Learning Dalam Pendidikan Agama Islam. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 123-133.
Ladson-Billings, G. (2021). Culturally relevant pedagogy: Asking a different question. Teachers College Press.
Laksana, D. N. L., Awe, E. Y., Sugiani, K. A., Ita, E., Rawa, N. R., & Noge, M. D. (2021). Desain pembelajaran berbasis budaya. Penerbit NEM.
Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2809-2818.
Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Vavrus, M. (2008). Culturally responsive teaching. 21st century education: A reference handbook, 2(49-57).
Vygotsky, L., & Cole, M. (2018). Lev Vygotsky: Learning and social constructivism. Learning Theories for Early Years Practice. UK: SAGE Publications Inc, 68-73.