Pengimplementasian Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV di SDN 13 Mataram

Authors

  • Baiq Aulia Wulandani Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Universitas Mataram
  • Eka Suryadini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.847

Keywords:

Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SDN 13 Mataram pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 72,55% pada siklus I (kategori sedang) menjadi 81,06% pada siklus II (kategori tinggi). Temuan ini membuktikan bahwa model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar Matematika.

References

Abidin, Z. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek literasi, dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52.

Kristanti, Y. D., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning Model) pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.

National Council of Teachers of Mathematics. (2014). Principles to actions: Ensuring mathematical success for all. NCTM.

Nufitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.

Nurmala, E. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK Negeri 2 Baubau tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 3(2), 243–253.

Pratama, D. R., Widiyatmoko, A., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh penggunaan modul kontekstual berpendekatan SETS terhadap hasil belajar dan kemandirian peserta didik kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), 632–638.

Pratama, D. R., Yuhanna, W. L., & Kiswardianta, R. B. (2024). Implementasi Project Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 87–96.

Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 448–453.

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles