Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SDN 24 Mataram Melalui Media Pembelajaran PemBaCa (Box Pembagian Bilangan Cacah) pada Pelajaran Matematika Kelas III SDN 24 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.830Keywords:
Media Pembelajaran, Minat Belajar, Pembagian Bilangan Cacah, TaRL, PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III SDN 24 Mataram, khususnya pada materi pembagian bilangan cacah, melalui media pembelajaran inovatif PemBaCa (Box Pembagian Bilangan Cacah). Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus dengan subjek 20 siswa. Intervensi dilakukan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), model Problem Based Learning (PBL), serta evaluasi interaktif berbasis Wordwall. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada partisipasi, motivasi belajar, dan hasil evaluasi siswa, dengan rata-rata nilai pascaintervensi di atas 85. Media PemBaCa memfasilitasi pemahaman konsep pembagian secara konkret dan sesuai gaya belajar individu, sementara Wordwall menciptakan suasana evaluasi yang menarik dan menyenangkan. Kombinasi strategi ini terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, relevan, dan inklusif. Temuan ini merekomendasikan integrasi media inovatif dan strategi diferensiasi pembelajaran sebagai pendekatan alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
References
Asmi, A., Neldi, H., & Khairuddin. (2018). Meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui metode bermain pada kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Menssana, 3(1).
Korayanti. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri Mancasan Gamping Sleman (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.
Maisarah, Daniah, & Fanny, F. (2021). Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui media pop up book pada pembelajaran tematik kelas V MIN 04 Aceh Besar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(1).
M, R., Purnamasari, & Bahar, E. E. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan pembelajaran model Problem Based Learning dengan pendekatan TaRL pada murid kelas V SD Negeri Pao-Pao. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), [halaman jika tersedia].
Musdiani. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam siswa SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), [halaman jika tersedia].
Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan minat belajar siswa dengan media pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), [halaman jika tersedia].
Nursyam, A., Muhammadiyah Bone Biru, S., Riattang, T., Bone, K., Selatan, S., & Penulis, K. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [volume]([issue]), [halaman jika tersedia]. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose
Nur Isnaini, S., Firman, & Desyandri. (2023). Penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), [halaman jika tersedia].
Putri Aura Diva, F., Baidowi, Made Intan Kertiyani, N., & Turmuzi, M. (2025). Penerapan Problem Based Learning (PBL) berbasis LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sakra tahun ajaran 2024/2025. GeoScienceEd, 6(1), [halaman jika tersedia]. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.494
Safitri, A., & Kabiba. (2020). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), [halaman jika tersedia].
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika video interaktif berbasis multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574–582. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345