Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Melalui Penggunaan Media Papan Jurang Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 14 Cakranegara

Authors

  • Khaerul Bariyah Universitas Mataram
  • Tri Ayu Lestari Sekolah Dasar Negeri 14 Cakranegara
  • Dadi Setiadi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.820

Keywords:

media pembelajaran, papan jurang, hasil belajar, matematika, penjumlahan dan pengurangan, PTK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 14 Cakranegara melalui penggunaan media pembelajaran Papan Jurang. Permasalahan utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya keaktifan siswa akibat metode pembelajaran yang bersifat pasif. Sebagai solusi, diterapkan media Papan Jurang yang dirancang untuk menarik perhatian dan meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata nilai siswa, dari 65 (pra-siklus) menjadi 75 (siklus I) dan 80 (siklus II). Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 48,39% menjadi 93,55%. Temuan ini menunjukkan bahwa media Papan Jurang efektif dalam meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Media ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas guna mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

References

Ainiyati, N., & Nuroso, H. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan berbantu media Patung Jurang di sekolah dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru.

Ayuningrum, D., Mushafanah, Q., & Kusniati, S. (2023). Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Papan Jurang untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN Karanganyar Gunung 02. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru.

Dwitagama, D., dkk. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Indeks.

Hadun, F., Anwar, H., & Huljannah, M. (2023). Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media pembelajaran Papan Jurang pada siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(?), 170–181.

Mailiarni. (2020). Meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan dengan penggunaan metode demonstrasi pada siswa kelas I SD Negeri 08 Salimpaung. Jurnal Pendidikan

Nurmilawati, Y. H., & Fendiyanto, P. (2023). Analisis media pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) materi penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas I SD Negeri 007 Sungai Pinang. Jurnal Pendidikan Dasar

Pulungan, M., Harahap, N., Hasibuan, S. B., & Sibuhuan, B. R. (2023). Penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 0514 Siali-Ali. Jurnal Pendidikan, 8(3)

Rosiana, E. A., Utaminingsih, R., & Kristiani, N. (2023). Peningkatan hasil dan minat belajar materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan Papan Jurang pada siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2. Jurnal Pendidikan Dasar

Downloads

Published

2025-08-06

Issue

Section

Articles