Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Mataram

Authors

  • Laily Wulandari Universitas Mataram
  • Amrullah
  • Maksud

Keywords:

Media Geogebra, Problem Based Learning, Ketuntasan Klasikal, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui penerapan model PBL berbantuan media Geogebra  pada siswa kelas IX SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga  pertemuan. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Data hasil belajar  dikumpulkan  dengan  menggunakan  tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis  dengan analisis deskriptif kuantitatif yaitu; mencari rata-rata skor, median, varians,   standar deviasi, dan ketuntasan belajar siswa. Dengan penggunaan model PBL berbantuan media Geogebra, hasil belajar dari siswa tersebut  menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II masing masing sebesar 52,63% dan 73,68%. Selain itu, nilai siswa setiap siklus juga mengalami peningkatan siklus 1 sebesar 74.63 dan siklus II sebesar 80.18. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan bantuan geogebra dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMPN 2 Mataram.

References

Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 403–413.

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155.

Kamarullah, K. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21.

Lamalelang, E. (t.t.). PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD N SAWIT.

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.

Reza, Y., Suhandi, A. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03 (1), (2020) 17-24, 17-24.

Simarmata, J. E. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS I PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS TIMOR. 6(1).

Suryani, Y. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG LUAS BANGUN DATAR SEGI BANYAK DENGAN MEDIA KENA (KERTAS WARNA). 2(2).

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174–182.

Downloads

Published

2025-05-03

How to Cite

Laily Wulandari, Amrullah, & Maksud. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Mataram . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 981–986. Retrieved from https://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/813

Issue

Section

Articles