Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Prestasi Belajar Melalui Penggunaan Media Interaktif Wordwall Siswa kelas 4B SDN 05 Cakranegara
Authors
Wiwik Rosiana , I Made Sujana , Irwan TaufiqurrahmanDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.809Published:
2025-05-09Issue:
Vol. 6 No. 2 (2025): MayKeywords:
Keaktifan belajar, Prestasi belajar, Wordall, IPAS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS melalui media interaktif Wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 5 Cakranegara. Metode penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada siklus I dengan hasil skor 50,66% sedangkan siklus II dengan hasil skor 78,57%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS setelah diterapkan media Wordwall mengalami peningkatan.References
Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis penggunaan aplikasi wordwall pada pembelajaran ipa kelas iv di sdn ciracas 05 pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.1 4133
Ardiansyah, Risnita, Jailani M Syahran. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam. (1). (2), 2987-
https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1 16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1 .24212
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media
pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Diah, A., & Pusfandari, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sdn Ngagel Rejo Iii/398 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 2(2).
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6. 1079
Kobi, I. A., Amus, S., Purwaningsih, C., Profesi, P., Prajabatan, G., Tadulako, U., Palu, K., & Sulawesi, P. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn di Kelas IX SMP Negeri 1 Palu. 4(1), 1299–1310
Maghfirah, S., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Platform Wordwall Berbasis Website dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. AS-SABIQUN, 4(5), 1481- 1498.
https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i 5.2281
Misliyanti, W., & Hajar, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3),449-4
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat Aisyah, S., dkk. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SDN Mangasa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Interaktif Wordwall
dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5. 880 Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024).
Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini,5(1),126-134.
https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.98 3 Rengganis, M., & Subekti, E. E. (2024).
Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 274-281.
https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.2 2448
Salma, A., Pratani, V. P., Syabani, M. A., Ekawati, R., & Mardiana, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3814-3823.
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13988 Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar (cetakan 24). Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT AlKahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2),
-199.
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.41 12
Kobi, I. A., Amus, S., Purwaningsih, C., Profesi, P., Prajabatan, G., Tadulako, U., Palu, K., & Sulawesi, P. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn di Kelas IX SMP Negeri 1 Palu. 4(1), 1299–1310.
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Theresia, O., Sunggu, O., Taher, M. A., & Rositah, A. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran( Wordwall) sebagai Inovasi pada Mata Pelajaran Non-Kejuruan di SMK PGRI 1 Kota Serang ( Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas X ). 3.
Wijaya, H., & Haryanto, E. (2024)Meningkatkan
Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 2 di SD Negeri 28/IV Kota Jambi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3801-
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13985
Yuliati, N. W., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Surojoyo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2573-2585. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.1187