Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Pada Materi Bangun Datar di SDN 15 Cakranegara

Authors

  • Willy Santika Dewi Universitas Mataram
  • Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma
  • Elvadwi Sholissafitri

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.808

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning (PBL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik  kelas  di SDN 15 Cakranegara dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN 15 Cakranegara. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika kelas . Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 4 SDN 15 Cakranegara dengan jumlah sebanyak 28 peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas  di SDN 15 Cakranegara. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang terlihat dari hasil tes akhir pada setiap siklus. Sebelum diterapkannya model pembelajaran PBL atau Pra Siklus nilai peserta didik yang mencapai KKM 70 adalah 10 dengan persentase 36% sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM adalah 18 dengan persentase 64%. Namun setelah menerapkan model pembelajaran PBL pada siklus I, nilai peserta didik yang mencapai ketuntasan adalah 18 dengan persentase 64% sedangkan yang belum mencapai kentuntasan sebanyak 10 peserta didik dengan persentase 36%. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 88 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60. Peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 25 dengan persentase 89% sedangkan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 3 dengan persentase 11%.

References

Asriningtyas, Anastasia N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperate Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreatitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah: Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegritas (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Heruman, S. M. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristin, F. (2016). Efektitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120-125.

Rahim, Yana Hafianda., Moh Irawan Zain., & Talha, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 1 SDN 24 Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 139-146.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran "Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Jakarta: Kencana.

Sidiq, U., Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Suharsimi, Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sunarni, Trianto. (2011). Model-Model Pembelajan Inovatif Berorientasi Konstruktistik: Konsep, Landasan teoritis Praktis, dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-05-03

How to Cite

Dewi, W. S., Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma, & Elvadwi Sholissafitri. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Pada Materi Bangun Datar di SDN 15 Cakranegara . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 974–980. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.808

Issue

Section

Articles