Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan Metode Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik Kelas 4C Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 19 Cakranegara

Authors

  • Fitriani Mahasiswa
  • Syaiful Musyaddat
  • Asmini

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.800

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Cooperatif Learning, Keterlibatan Peserta Didik, Pendidikan Pancasila.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan peningkatan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas 4C SDN 19 Cakranegara dengan materi Adat Istiadat Dan Norma Yang Berlaku Di Masyarakat melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan metode kooperatif learning. Penelitian ini melibatkan partisipan 29 peserta didik yang dilakukan dalam satu siklus pembelajaran yang mengintegrasikan aspek budaya norma dan adat istiadat pada Masyarakat suku bali dan sasak.. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan merata-ratakan hasil asesmen sumatif peserta didik sehingga ditemukan peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan pendekatan CRT. Dari hasil analisis diagnostic kognitif Pada Pra sklus terdapat 69% peserta didik yang memiliki nilai diatas KKM sedangkang Pada pasca Siklus mengalami peningkatan nilai diatas KKM dengan presentase menjadi 82%. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan CRT efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif untuk peserta didik karena pembelajaran mengintegrasikan budaya peserta didik dan berkolaborasi dengan teman antar budaya dalam kelompok kecil sehingga pembelajaran lebih bermakna.

 

References

Adiningsih, A., Ayaturrahman, A., Maulida, A., Nurvitarini, D. M., Silma, Y., & Widyartono, D. (2024). Perencanaan pembelajaran terintegrasi culturally responsive teaching (CRT) di SMP Negeri 4 Malang dan SMP Laboratorium UM: Perspektif berbasis karakteristik peserta didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(9), 1-15.

doi: https://doi.org/10.17977/um065.v4.i9.2024.9

Dasar Pendidikan. (2024, Oktober). Makna dan tujuan pengajaran dasar-dasar pendidikan Pancasila di sekolah. Diakses pada 27 Januari 2025, From https://dasarpendidikan.com/2024/10/makna-dan-tujuan-pengajaran-dasar-dasar-pendidikan-pancasila-di-sekolah/

Gea, S. (2022). Model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, 1(1), 5–7. From https://journal.grahamitra.id/index.php/petik

Ikhsan, I. (2024). Pengaruh Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 2(2), 156-163.

doi: https://doi.org/10.59581/garuda.v2i2.3228

Kusumawardhany, E., Robich, J. N., Yanti, P., Putri, A. A., & Poerwanti, J. I. S. (2024). Peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas 4 menggunakan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) pada mata pelajaran IPAS. Journal of Social Sciences, Humanities, Education, and Cultural Studies, 2(1), 24–28.

doi: https://doi.org/10.20961/jsshecs.v2i1.96931

Oktarisma, S., Neviyarni, & Murni, I. (2021). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2527-2530. https://doi.org/(jika ada DOI, tambahkan di sini)

Nurbaitil, N., Tati, A. D. R., & Rahmawati. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Jurnal Lempu, 1(2), 199-203. From https://journal.unm.ac.id/index.php/lempu

Rahmawati, R. A., Apriandi, D., & Purwaningtijas. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dengan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 523–529. From https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Whatoni, A. S., Anwar, Y. A. S., & Namira, D. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 22–28.

doi: https://doi.org/10.xxxx/djptk.vxxyyi

Downloads

Published

2025-05-03

How to Cite

Fitriani, Syaiful Musyaddat, & Asmini. (2025). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan Metode Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik Kelas 4C Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 19 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 969–973. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.800

Issue

Section

Articles