Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 10 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.796Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 10 Mataram pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning atau PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Pada tahap pra-siklus, rata-rata nilai siswa adalah 63,2 dengan 40% siswa mencapai KKM. Nilai rata-rata meningkat menjadi 74,5 pada siklus I dan 85,3 pada siklus II. Selain itu, model PBL juga meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.
References
Arends, R.I. (2008). Learning to teach: belajar untuk mengajar (7th ed.). (Translated by Helly Prajitno Soetjipto and Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies Inc.
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Firmansyah, Arief, M., & Wonorahardjo, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.
Noviati, W., & Belajar, H. (2022). Jurnal Kependidikan Jurnal Kependidikan. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Radia, K. and. (2024). Analisis Penerapan Model PBL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Sekolah Dasar. 2270–2278.
Santi, M. D., Nursyahidah, F., Nugroho, A. A., & Estiyani, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Peserta didik Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Journal on Education, 5(4), 12272–12280. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2199
Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368