Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Rotasi dan Revolusi Bumi Menggunakan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 6 SDN 29 Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.792Keywords:
Problem-Based Learning (PBL), Rotasi Bumi dan Revolusi Bumi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 29 Ampenan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan materi Rotasi dan Revolusi Bumi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari pra-siklus hingga Siklus II. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat dari 63,5 menjadi 75,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Pada Siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 85,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%. PBL terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman materi. Dengan demikian, model pembelajaran PBL dapat dijadikan strategi yang relevan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS.
References
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperativelearning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247-264.
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(1), 150-159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Farida, H. I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri. Mikro Media Teknologi.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024, February). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 724-730).
Vygotsky, L., & Cole, M. (2018). Lev Vygotsky: Learning and social constructivism. Learning Theories for Early Years Practice. UK: SAGE Publications Inc, 68-73.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.