Penggunaan Media Kantong Bilangan Cacah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 4 SDN 39 Cakranegara

Authors

  • Darmataksiah Universitas Mataram
  • Darmiany
  • Siti Rahmatillah

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.788

Keywords:

Media Kantong Bilangan, Hasil Belajar, Matematika, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media kantong bilangan cacah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, khususnya di kelas 4 SDN 39 Cakranegara. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan cacah mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, yang terlihat dari peningkatan rata-rata nilai evaluasi siswa dari siklus pertama ke siklus kedua.Dalam siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 60 dengan persentase ketuntasan 65%. Namun, setelah penerapan media ini dalam siklus kedua, rata-rata nilai meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan mencapai 90%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media kantong bilangan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, tetapi juga membantu siswa memahami konsep bilangan cacah dengan lebih baik. Dengan demikian, media ini terbukti efektif sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

References

Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Sakti, B. P., Nisa’Khusnia, A., ... & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Penerbit Adab.

Afidati, M., & Malasari, P. N. (2023). Pembelajaran Matematika yang Bermakna Menggunakan Pendekatan Teori Kognitivisme. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67-77.

Amalia, N. F., Subanji, S., & Untari, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Manipulatif Origami (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh model kooperatif tipe stad berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 542-548.

Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., ... & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi belajar: Kunci pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1-15.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: principles, policy & practice, 5(1), 7-74.

Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Matematika, 1(5).

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Kurniawan, H. (2022). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.

Luhukay, A. S., Rontos, F., Yuwono, L. R., Ramadani, L., & Muchlis, A. (2024). Deskripsi Kecakapan Matematika Siswa pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 5(1), 1-15.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

Mulaikah, A. F. (2024). pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep materi perkalian kelas II sdn ciputat 06 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). URI: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/80562

Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2).

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Rosnawati, S. P. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab.

Sabilla, M. A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan pada Siswa Kelas III SDN 1 Cakranegara Tahun Ajaran 2022. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 798-806. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6682

Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53-64.

Sihotang, Y., Arifin, M., & Nurasiah, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kantong Bilangan Untuk Kelas 2 Sd Negeri 064974 Medan Tembung. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12423-12427. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34024

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Darmataksiah, Darmiany, & Siti Rahmatillah. (2025). Penggunaan Media Kantong Bilangan Cacah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 4 SDN 39 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 938–942. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.788

Issue

Section

Articles