Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 18 Ampenan

Authors

  • Nurul Yatun Hasanah unram
  • Kusmiyati
  • Ria Hartini

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.787

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri 18  Ampenan pada mata pelajaran Matematika.. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik kelas V SD Negeri 18 Ampenan masih banyak di bawah KKTP dalam mata  pelajaran Matematika. Penelitian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data tes, komunikasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah didapatkan menunjukkan hasil belajar peserta didik mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada siklus I nilai persentase ketuntasan belajar adalah 75%, dan pada siklus II nilai persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika.

References

Abdulhak, ishak dan suprayogi, ugi. (2013). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budiarti, A., Handika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-book pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2). Doi: https://doi.org/10.2273/jupiter.v2i2.1795

Boonmoh, A., Jumpakate, T., & Karpklon, S. (2021). Teachers’ perceptions and experience in using technology for the classroom. Computer-Assisted Language Learning Electronic Journal, 22(1), 1–24.

Chotimah (2021). Membangun karakter religious, jujur, disiplin, dan rasa fingin tahu mahasiswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan secara daring berbasis HOTS. Jurnal Civics: Media kajian kewarganegaraan

Damayanti, C., Rusilowati, A., Linuwih, S., & Pucakwangi. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6 (1), 116-128.

Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Fauzia, Hadits Awalia (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1).

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Marjuki. (2020). 181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem_Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).)

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01),58-64.

Sagita, E., Amalia, V., & Dwishiera, N.C.A,. (2024). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(2), 1-14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.242

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Eman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Tinambunan, R. R., Pratiwi, P., Ulandari, N., An Ni’mah, N. T.,(2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.149

Triwiyanto, T. (2017). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Hasanah, N. Y., Kusmiyati, & Ria Hartini. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 18 Ampenan. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1083–1086. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.787

Issue

Section

Articles