Penerapan Pendektakan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 32 Ampenan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Nia Fitria Sagita Nia Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat
  • Lilia Rahmawati
  • Juliatun

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.782

Keywords:

Hasil belajar, Culturally Responsive Teaching (CRT), Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 32 Ampenan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah KKM pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Adapun instrumen penelitian menggunakan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat cukup signifikan antara siklus I 61% dan siklus II 83%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Alifitika,O.,Purwanto,& Utari,S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA Pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika),4 (2),141-147

Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidikan. Depok : Kencana.

Arif, I., Lukman, A, & Tuara, Z. (2021).“Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa Abad 21 pada Materi Hidrolisis di MAN 1 TIKEP’.Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.Vol 7.No 2.pp 194-204.

Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning Dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83–98. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.25460

Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice.

Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice.

Narimo, S., & Novitasari, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Budaya Lokal. Varia Pendidikan, 31(01).

Tarigan et al. (2022). “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesiaâ€.Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol 3.No 1.pp149-159

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Nia, N. F. S., Syaiful Musaddat, Lilia Rahmawati, & Juliatun. (2025). Penerapan Pendektakan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 32 Ampenan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 929–932. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.782

Issue

Section

Articles