Meningkatkan Pemahaman Konsep Waktu Siswa Kelas 1 SD Melalui Media Wordwall
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.779Keywords:
Media interaktif, Wordwall, konsep waktu, siswa kelas 1 SD, PTK.Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep waktu siswa kelas 1 SD melalui media interaktif Wordwall dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Permasalahan utama adalah kesulitan siswa membaca jam analog dan mengaitkan waktu dengan aktivitas harian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus pada 30 siswa di SD Negeri Mataram, menggunakan tes formatif, observasi, dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 65% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, serta peningkatan partisipasi aktif dari 60% menjadi 85%. Media Wordwall efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa melalui fitur drag-and-drop dan matching games. Pendekatan diferensiasi pada siklus kedua membantu siswa dengan kemampuan rendah lebih memahami konsep waktu. Penelitian ini mendukung prinsip konstruktivisme yang menekankan pentingnya pengalaman belajar konkret dan interaktif, serta merekomendasikan penggunaan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran konsep waktu di sekolah dasar.
References
Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Husniati, H. (2020). Apakah Tingkat Kebahagiaan Bisa Menjelaskan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar? Progres Pendidikan, 1(3), 168–176. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.21
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Friedman, A., & Laycock, S. (2016). The role of visual media in teaching time concepts to young learners. Journal of Educational Psychology, 108(4), 654-670. https://doi.org/10.1037/edu0000078
Hardianto, H., Hidayat, H., & Zulkifli, Z. (2021). Perilaku kerja inovatif bagi guru dan tenaga kependidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 112-119.
Hidayati, V. R., Maulyda, M. A., Gunawan, G., Rahmatih, A. N., & Erfan, M. (2020). System of Linear Equation Problem Solving: Descriptive-Study about Students’ Mathematical Connection Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1594, 012042. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012042
Ibrahim, S., & Haerudin, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Diferensiasi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2).
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.
Kurniawan, H. (2022). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.
Kusuma, D., Sari, N., & Pratiwi, R. (2024). The impact of interactive media on elementary school students’ understanding of time concepts. International Journal of Educational Research, 112, 101-115. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.101115
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. New York, NY: Grossman Publishers.
Resnamawati, R. (2013). The effectiveness of using props in teaching time concepts to elementary school students: A case study in Indonesia. Indonesian Journal of Education Studies, 16(2), 123-135.
Sriwati, Y., & Sianturi, R. D. (2025). Optimalisasi Penggunaan Media Digital Untuk Pembelajaran Interaktif Di SDN 060899 Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 7(1).
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: ASCD.
Wulandari, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Man Seluma Kab. Seluma Provinsi Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).