Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI SDN 1 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.773Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Prestasi Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VI SDN 1 Mataram pada mata pelajaran Matematika. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pengamatan, data prestasi belajar peserta didik dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik berada pada kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan pada siklus I persentase ketuntasan belajar adalah 58,33% dengan nilai rata-rata 72,50 dan pada siklus II meningkat menjadi 91,67% dengan nilai rata-rata 80. Hal ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran PBL efektif meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas VI SDN 1 Mataram.
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif (Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA), 5(1).
Budiarti, A., Handika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-book pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2). Doi: https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Fauzia, Hadits Awalia (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1).
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(May), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Husnidar & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 70.
Isrok’atun & Rosmala, Amelia. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Marjuki. (2020). 181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 114-115.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Pristanti, D.L., Mayadi, S., & Endriana, N., (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3).
Ramadhan, M. A., Syaifi, S. R. A., Arsalan, F. N., & Fitriono, R.A., (2022). Peranan Pancasila di Era Globalisasi. INTELEKTIVA, 4(3).
Samfitri, J. R., Maharani, S. D., Gandi, I. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Matematika SDN 11 Merapi Barat. Jurnal inovasi Sekolah Dasar, 8(2), 121-123.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sirait, E. D., (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif (Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA), 6(1).