Analisis Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar Kota Mataram

Authors

  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram
  • Setiani Novitasari Universitas Mataram
  • Asri Fauzi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.772

Keywords:

karakter, kearifan lokal, Profil Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji serta untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penanaman nilai-nilai kearifan lokal Sasak dalam mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar Kota Mataram serta memberikan kontribusi dalam perbaikan pendidikan yang lebih inklusif dan kaya akan nilai-nilai lokal. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini dipilih karena penelitian ini bukan bertujuan menguji hipotesis tetapi bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan penafsiran secara mendalam terhadap suatu data. Berdasarkan tujuan penelitian yang tercantum pada maka pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. adapun data yang sudah terkumpul dianalisis melalui tiga tahap antara lain: reduksi, Penyajian data/data display, dan Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) nilai-nilai kearifan lokal sasak yang mendukung penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar kota Mataram terdiri dari 4 nilai, antara lain: gotong royong, toleransi, mandiri, dan kreatif. 2) implementasi nilai-nilai kearifan lokal sasak yang mendukung penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar kota Mataram mencakup beberapa hal, yaitu: nilai-nilai kearifan lokal sasak diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran; nilai-nilai kearifan lokal sasak dipelajari dalam bentuk pelajaran muatan lokal; dan nilai-nilai kearifan lokal sasak dikembangkan dalam kegiatan sabtu budaya.

 

References

Alfina Nurfauziah P, Lintang Tri Ayu, Hamida Suciana, & Rini Satria Gulo. (2022). Inovasi Pembelajaran Kontekstual Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.33

Auvia, S., Amalia, T. D., Ilhamdani, I., & ... (2024). Evaluasi Keberhasilan Program Sabtu Budaya Dalam Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 2114–2128. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11715%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/11715/5524

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Mahdi, I., Mike, E., & Putra, D. A. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Penataan Kemasyarakatan di Kabupaten Rejang Lebong (Analisis Peraturan Daerah Tentang Pengakuan dan …. AL IMARAH: JURNAL …, 7(2). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alimarah/article/view/7475%0Ahttps://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alimarah/article/download/7475/3872

Muzakir, M., & Suastra, W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian Etnopedagogi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 84–95. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6067

Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50–60. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/28270

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sahabudin, S., & Adipta, M. (2022). Aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal suku sasak ( tradisi Banjar ) sebagai penguat integritas bangsa. Jurnal Pendidikan, Sainsn Sosial, Dan Agama, 8(1), 141–148.

Sari, A. A., Maskhuriyah, D. El, Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL HASIL RISET DAN PENGABDIAN, 4, 1068–1074. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/433

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Suriyati, C., & Lubis, M. D. A. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7710–7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Zumrotun, E., Nichla, S., Attalina, C., Islam, U., & Ulama, N. (2024). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal Permainan Tradisional Layang Layang di Sekolah Dasar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal Permainan Tradisional Layang Layang di Sekolah Dasar. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1367–1382.

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Tahir, M. ., Sobri, M., Novitasari, S., & Fauzi, A. (2025). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar Kota Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 801–808. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.772

Issue

Section

Articles