Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Papan Norma

Authors

  • Suciyati Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.771

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Papan Norma, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VC dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan topik norma-norma dalam kehidupanku, melalui penggunaan media pembelajaran berupa Papan Norma di SD Negeri 2 Cakranegara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap norma-norma dalam Pendidikan Pancasila. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa kelas VC di SD Negeri 2 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penngumpulan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Papan Norma efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) selama proses pembelajaran. Pada siklus pertama, hanya 21 (79%) siswa yang mencapai KKM. Namun, pada siklus kedua, jumlah tersebut meningkat signifikan menjadi 26 (94%) siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Papan Norma secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VA SD Negeri 2 Cakranegara.

References

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Jati, D. H. P., & Des Fitria, E. (2024). Media Pembelajaran Permainan Kartu Norma Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 785–791.

Mauliddia, Nisa, Jiwandono. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Ritatoon untuk Menarik Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 1 Kerumut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2) 620-8326

Muhidin, D & Kudus, H. H. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan. 32 (2). 106114.

Novelita, N. Darmansyah. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8 (02).

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Prasetyo, S. Dkk. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Locus. 2 (12) 1226-1233.

Rerung et al. (2027). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 06 (1) 47-55.

Soraya, R. Abdul, K, J. I Nyoman, S. (2025). Penggunaan Boneka Kulit Jagung Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TKN Pembina Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika. 6 (1) 572-579.

Upe Sinta Wangi, I Wayan Merta, Nursiah. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN 8 Cakranegara Pada Mata Pelajaran PPKN dengan Menggunakan Pendekatan CRT. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika. 6 (1) 40-45.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Suciyati, & Siti Istiningsih. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Papan Norma . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1021–1025. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.771

Issue

Section

Articles