Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sd Negri 36 Cakranegara Pada Mata Pelajaran Ppkn

Authors

  • Widya Kholilianti Universitas Mataram
  • Imam Malik
  • Sang Ayu Tirtawati

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.769

Keywords:

Hasil belajar, Teaching at the Right Level (TaRL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD Negri 36 Cakranegara melalui pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL) pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, tes awal atau diagnostic dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi dan evaluasi (observing) dan refleksi (refleksing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, persentase ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 33,3% dengan nilai rata-rata 56,3%. Pada siklus pertama, ketuntasan meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 78,25%. Selanjutnya, pada siklus kedua, ketuntasan belajar mencapai 87,5% dengan nilai rata-rata 82,5%. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena persentase ketuntasan telah melebihi 75%.

References

Anggraeni,F.(2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 3 Gadingrejo. Universitas Lampung.

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S.,& Walton, M. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence from randomized evaluations of “Teaching at the Right Level†in India (No. w22746). National Bureau of Economic Research.

Hidayat, R., Astini, B. N., & Triwahyuni, I. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Teaching at the Right LevelModel Problem-Based Learning Pelajaran PPKn Kelas V SDN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 81-86.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.

Putri, M. F. J. L., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K. N., & Putri, N. G. A. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983-1988.

Rahmat, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL) Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 17 Pare-Pare. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 337-351.

Suardipa, I. P. (2022). Lini Masa Kebijakan Kurikulum Merdeka Dalam Tatanan Kontruksi Mutu Profil Pelajar Pancasila. PINTU: Pusat Penjamin Mutu, 3(2), 1 13.

Susanti, A. (2024). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Pkn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar . Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(02), 248–259

Utami, P. I., Hiltrimartin, C., & Widioktafarani, H. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL) pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 109 Palembang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12540-12548.

Wahyuni, S. (2022). Konsep Pendidikan Keluarga Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Keluarga Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 (Doctoral dissertation).

Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik smp. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070-1075.

Downloads

Published

2025-03-22

How to Cite

Kholilianti, W., Imam Malik, & Sang Ayu Tirtawati. (2025). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sd Negri 36 Cakranegara Pada Mata Pelajaran Ppkn. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 849–853. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.769

Issue

Section

Articles