Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMPN 1 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024
Keywords:
Pembelajaran Discovery learning , Hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMPN 1 Mataram pada tahun ajaran 2023/2024 menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 32%, kemudian pada siklus II ketuntasan belajar siswa naik menjadi 85% dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa naik menjadi 94%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2023/2024.
References
Amelya, R., & Suprayitno. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Membuat Motif Hias Dekoratif Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1054 1065.
Arikunto, S., Suharjono & Supardi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1-12.
Dariyatun, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia Tp. 2018/2019. Jurnal Edu Research, 9(1), 54-61.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Feriyanto, F., Abror, A. N. U., Fernanda, D., & Rismawati, I. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Discovery learning dengan Adaptasi Lesson Study. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(1), 60-67.
Fitriani, M., & Yerimadesi, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery learning Berbasis Lesson Study for Learning Community terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 5 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7948- 7954.
Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61-67.
Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39-45.
Naidoo, Navindhra. 2011. ―What Is Research? A Conceptual Understanding.‖ African Journal of Emergency Medicine. Vol 1(1), pp: 47–48
Oktaviana, D. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADU LESSON STUDY PADA MATERI KPK DAN FPB. Al 'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 40-49.
Radiusman, R. (2020). Studi literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6 (1), 1–8.
Shilfia Alfitri (2020). MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PEMBERIAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN. Guepedia
Suharsimi Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Sudirman, S., Yusnaeni, Y., Agustina, I. V., & Lowa, F. X. B. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Kerjasama Peserta Didik melalui Lesson Study Berbasis Model Discovery Learning. Jurnal Beta Kimia, 3(1), 17-23.
Sitiana, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).