Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Melalui Pembelajaran Kolaboratif Kooperatif dan Inovasi Interaktif Berbasis Kuis Menggunakan Aplikasi Wordwall di SDN 47 Mataram

Authors

  • Baiq Hazanatul Fanny Uiversitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra
  • Ari Irmayani

Keywords:

pembelajaran kolaboratif, inovasi interaktif, Wordwall, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN 47 Mataram melalui penerapan pembelajaran kolaboratif kooperatif dan inovasi interaktif berbasis kuis menggunakan aplikasi Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas 2 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72% dan pada siklus II sebesar 90%. Dengan demikian, inovasi pembelajaran berbasis Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2.

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

Hazanatul Fanny, B., Heri Hadi Saputra, & Ari Irmayani. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Melalui Pembelajaran Kolaboratif Kooperatif dan Inovasi Interaktif Berbasis Kuis Menggunakan Aplikasi Wordwall di SDN 47 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 757–760. Retrieved from https://jpfis.unram.ac.id/index.php/GeoScienceEdu/article/view/762

Issue

Section

Articles