Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 3 Cakranegara

Authors

  • Dian Hawazi Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma
  • Nurwahidah
  • Moh. Irawan Zain

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.736

Keywords:

kesiapan guru, perencanaan, serta Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesiapan guru sekolah dasar dalam merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 3 Cakranegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek Penelitian ini adalah semua guru kelas I-VI berjumlah enam orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman & Saldana (2018). Hasil penelitian ini menunjukkan kesiapan guru kelas I-VI SD Negeri 3 Cakranegara dalam perencanaan Projek Penguatan Pelajar Pancasila belum maksimal. Hal ini ditinjau dari pemilihan tema dan topik proyek sudah merujuk pada buku panduan profil. Namun, sebagian besar guru berada pada level cukup memahami teori dasar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, belum ada tim khusus proyek di sekolah, pemilihan dimensi dan perancangan jumlah alokasi waktu proyek masih belum sesuai dengan buku panduan, sebagian (tiga orang) guru belum mempunyai modul dan asesmen proyek, serta modul yang digunakan langsung diadaptasi dari platform Merdeka Mengajar tanpa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik (tidak sesuai dengan tahap kesiapan sekolah level berkembang).

References

Abdulloh., dkk. (2022). Peningkatan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Djailani, A. (2023). Pengantar Supervisi Pembelajaran. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.

Indraswati., dkk. (2024). Pendampingan Penyusunan Modul P5 untuk Mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 1 Kekait. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4 (2), hal. 85-93.

Kemendikbudristek. (2020). Mengenal Konsep Project-based Learning. Retrieved from https://gtk.dikdasmen.go.id/read-news/mengenal-konsep-projectbased-learning.

Kemendikbudristek. (2022). KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 262/M/2022 TENTANG PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 56/M/2022. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix%20Salinan%20JDIH_Kepmen%20Perubahan%2056%20Pemulihan%20Pembelajaran.pdf.

Kemendikbudristek. (2022). Pilihan yang ditawarkan kepada satuan Pendidikan dalam IKM jalur mandiri. Retrieved from https://kurikulum-demo.simpkb.id/pilihan-ikm-mandiri/.

KSPSTK. (2023, Desember). Tantangan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Retrieved from kspstendik.kemdikbud.go.id: https://kspstendik.kemdikbud.go.id/artikel/detail/tantangan-dalam-penerapan-kurikulum-merdeka.

Miles, B. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. ( 2018). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 4. CA: Sage Publications.

Rahmawati, N. R., & Jatiningsih, O. (2024). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Gumeng Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), hal. 4.095-4.104.

Samitri, H. M., dkk. (2021). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kelas IVA SDN 32 Cakranegara). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (4), hal. 2620-8326.

Satria, R., dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi Tahun 2022. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Satria, M. R., dkk. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi Tahun 2024. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sitinjak, T. A., dkk. (2023). Kajian Kesiapan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Menyongsong Penerapan Kurikulum Merdeka Berdasarkan Persepsi Guru Sebagai Tenaga Pendidik di SMKS Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14 (2), hal. 419-424.

Sufyadi, S., dkk. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Dian Hawazi, I Nyoman Karma, Nurwahidah, & Moh. Irawan Zain. (2025). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 3 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 689–698. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.736

Issue

Section

Articles