Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Snork’s Long Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Adam Saputra Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Universitas Mataram
  • Laeli Murod Solehani SDN 10 Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.724

Keywords:

Teams Games Tournament, Snork’s Long Division

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pembagian bilangan cacah di kelas VB SDN 10 Mataram. Dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Snork’s Long Division diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan operasi pembagian bilangan cacah. Subjek penelitian terdiri dari 25 peserta didik dengan rincian 10 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan antara; lain perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pada saat pra siklus nilai rata-rata kelas sebesar 61 dengan persentase ketuntasan 36%. Pada siklus 1 pertemuan 1 setelah dilakukan tindakan perbaikan rata-rata kelas naik menjadi 65 dengan persentase ketuntasan 44%, pada siklus 1 pertemuan 2 nilai rata-rata kelas naik menjadi 76 dengan presentase ketuntasan 72%. Pada siklus 2 pertemuan 1 rata-rata kelas naik menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 84%, pada siklus 2 pertemuan 2 nilai rata-rata kelas naik menjadi 84 dengan presentase ketuntasan 84%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Snork’s Long Division untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pembagian bilangan cacah di kelas VB SDN 10 Mataram.

References

Azhar, A. (2018). Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Djamarah. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eviliyanida. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif. Volume II Nomor 1; 21-27.

Fathurrohman, dkk. (2018). Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia.

Miftahul, H. (2020). Cooperative learning metode, teknik, struktur dan model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhson, Ali. (2019). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7.

Shoimin, Aris. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryani, Amrin, dkk. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal. Volume I Nomor I; 29-34.

Tumanggor, Suci Rusadi. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilanga. Bulat Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) Kelas IV di SD Negeri 155 Po Manduamas 2 Kabupaten Tapanuli Tengah." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (Jipdas) 3.2 (2023): 299-308.

Widayati, Ani. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume VI Nomor I:87-93.

Downloads

Published

2025-03-08

How to Cite

Saputra, A., Ermiana, I., & Solehani, L. M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Snork’s Long Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 724–729. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.724

Issue

Section

Articles