Penerapan Media Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS

Authors

  • Nigia Deta Anggriani Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram
  • Nurhasanah SDN 16 Ampenan

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.723

Keywords:

Augmented Reality, Assemblr Edu, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Augmented Reality berbantuan Assemblr edu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsinya. Lokasi penelitian di SDN 16 Ampenan dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas IV SDN 16 Ampenan sebayak 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus pembelajaran berupa tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes evaluasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase klasikal ketuntasan. Hasil penelitian Tindakan kelas ini memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 65,8 dan pada siklus II menjadi 85,8. Siswa yang telah memenuhi ketuntasan (KKM) dari 58,33% pada siklus I meningkat signifikan menjadi 83,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media augmented reality berbantuan aplikasi assemblr edu dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 16 Ampenan pada materi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsinya.

References

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dewi, R. K. (2020). Pemanfaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1) : 28–37, https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya. Metodik Didaktik, 13(1) : 15-25. https://doi.org/10.17509/md.v13i 1.7689

Jafar, M. I., Rahmi, S., & Veriska, V. (2024). Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Global Science Education Jurnal, 6(1), 130-136.

Padang, F. A. L., Ramlawati, L., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6,(1), 38-46.

Putri, V. A. R., & Akhwani. (2023). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. National Cofference for Ummah, 01(01), 156-160.

Salim, H., Karo, I. R., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Medan : Perdana Publishing.

Susilo, J., Riyadi, & Hadiyah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Kecepatan dan Debit untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria., 11(1), 1-6, https://doi.org/10.20961/ddi.v11i1.75281

Wahyuni, E., Maulida., Hamama, S. F., Samsuar., & Zamzami. (2024). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Sel. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 1097-1106, https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.4941

Wulandari, R., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Augmented Reality untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(02), 59-69, http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i2p59-69

Downloads

Published

2025-03-08

How to Cite

Anggriani, N. D., Nurhasanah, & Nurhasanah. (2025). Penerapan Media Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 719–723. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.723

Issue

Section

Articles