Penerapan Media Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.723Keywords:
Augmented Reality, Assemblr Edu, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Augmented Reality berbantuan Assemblr edu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsinya. Lokasi penelitian di SDN 16 Ampenan dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas IV SDN 16 Ampenan sebayak 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus pembelajaran berupa tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes evaluasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase klasikal ketuntasan. Hasil penelitian Tindakan kelas ini memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 65,8 dan pada siklus II menjadi 85,8. Siswa yang telah memenuhi ketuntasan (KKM) dari 58,33% pada siklus I meningkat signifikan menjadi 83,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media augmented reality berbantuan aplikasi assemblr edu dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 16 Ampenan pada materi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsinya.
References
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Dewi, R. K. (2020). Pemanfaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1) : 28–37, https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020
Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya. Metodik Didaktik, 13(1) : 15-25. https://doi.org/10.17509/md.v13i 1.7689
Jafar, M. I., Rahmi, S., & Veriska, V. (2024). Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Global Science Education Jurnal, 6(1), 130-136.
Padang, F. A. L., Ramlawati, L., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6,(1), 38-46.
Putri, V. A. R., & Akhwani. (2023). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. National Cofference for Ummah, 01(01), 156-160.
Salim, H., Karo, I. R., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Medan : Perdana Publishing.
Susilo, J., Riyadi, & Hadiyah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Kecepatan dan Debit untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria., 11(1), 1-6, https://doi.org/10.20961/ddi.v11i1.75281
Wahyuni, E., Maulida., Hamama, S. F., Samsuar., & Zamzami. (2024). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Sel. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 1097-1106, https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.4941
Wulandari, R., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Augmented Reality untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(02), 59-69, http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i2p59-69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.