Penerapan Media Pembelajaran SICA BOX (Kotak Sifat – Sifat Cahaya) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.710Keywords:
SICA BOX, keaktifan siswa, Problem-Based Learning (PBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran melalui penerapan media pembelajaran SICA BOX (Kotak Sifat-Sifat Cahaya) di kelas V SDN 2 Cakranegara. Penelitian dilakukan dalam dua siklus selama Program Pengalaman Lapangan (PPL) menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi angket dan lembar observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode kualitatif. Penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) diterapkan untuk mendukung keberhasilan implementasi media SICA BOX. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keaktifan siswa, yaitu dari 48% pada siklus 1 menjadi 88% pada siklus 2. Media pembelajaran SICA BOX efektif dalam mendorong siswa untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan bernalar kritis selama proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar media SICA BOX digunakan secara luas dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
References
Dewey, J. (2021). Education and Experience. New York: Macmillan.
Freire, P. (2023). Pedagogy of the Oppressed. London: Bloomsbury Academic.
Gagne, R. M. (2023). The Conditions of Learning. Boston: Cengage Learning.
Ki Hajar Dewantara. (2020). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Maradona. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17, 621.
Pada, E. E., Ritan, M. N. B., Orang, Y. W., Ledun, Y. B., & Abdullah, A. N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Melalui Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Sica Box Pada Kelas V SDK Detumbawa. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 4(3), 529-537.
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53-60.
Pristiwanti, D. B. B. S. H. R. S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911– 7915. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, Dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), 721–724. Http;//Ahdadgadgha
Putri, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Reigeluth, C. M. (2024). Instructional-Design Theories and Models. New York: Routledge.
Sadiman, A. S. (2020). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sinar. (2018). Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish Publisher.
Sudjana, N. (2021). Metode dan Media Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Zubaidah, S. (2024). Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Pena Eduka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.