Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.705Keywords:
Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penilitian ini bertujun untuk meningkatkakan hasil belajar siswa tentang Kekayaang Budaya Indonesia pada pembelajaran IPAS menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada siswa Kelas IV di SDN 6 Ampenan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan satu kali untuk pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan pelaksanaan tes akhir siklus. Rancangan pada setiap siklus ini terdiri empat tahapan yaitu dimulai dengan merencanakan, selanjutnya melakukan tindakan, mengamati, dan yang terakhir refleksi. Data penelitian tentang hasil belajar IPAS siswa dikumpulkan menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada di siklus I masih berada pada kategori sedang secara klasikal belum terpenuhi. Sedangkan di siklus II telah memenuhi KKM dan berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika pembelajaran IPAS materi Kekayaang Budaya Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Kooperaatif Tipe Make a Match, hasil belajar siswa meningkat
References
Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2 (1A): 70–77.
Amin, Muhammad. n.d. “Model Pembelajaran Cooperative Learning.â€
Arifa, Fieka Nurul, dan Ujianto Singgih Prayitno. 2019. “Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia.†Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 10 (1): 1–17.
Hasanah, Zuriatun, dan Ahmad Shofiyul Himami. 2021. “Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa†1 (1).
Hendriana, Evinna Cinda, dan Arnold Jacobus. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.†JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1 (2): 25.
Kasyadi, Yahyo, dan Hery Kresnadi. n.d. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV.â€
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3 (1): 171.
Ramadhani, M Ihsan. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match pada Siswa Sekolah Dasar.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (4): 2237–44.
Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, A., Rif’an, A., & Ardian, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sumarni, Sumarni. 2021. “Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri dengan Lingkungan Pada Siswa.†Jurnal Kewarganegaraan 5 (1): 39–44.
Widayati, Ani. 2008. "Penelitian Tindakan Kelas." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6 (1): 1–16.
Yasmini, Wayan Yanik. n.d. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS.â€
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.