Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning pada Sekolah Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.701Keywords:
problem based learning, Sekolah Ramah Anak, Komunikasi MatematisAbstract
Pendidikan merupakan hal pokok dan mendasar di era global saat ini. Optimalisasi pendidikan dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah mengimplementasikan model dan pendekatan pembelajaran. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dinilai dapat memberikan banyak dampak positif terhadap peserta didik sebab model pembelajaran ini menuntut kemampuan berfikir siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis uji dua pihak dan analisis statistik deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Purwodadi dan SMPN 3 Karangrayung. Penelitian memasukkan unsur Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai salah satu variabel kontrol. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari hasil observasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai matematika pada siswa yang berada di SRA dengan perlakuan pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang tidak berada di lingkungan sekolah SRA dan tidak mendapatkan metode pembelajaran PBL. Penggunaan PBL juga diketahui dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam komunikasi matematis.
References
Abdurrahman, D., & Natalliasari, I. (2019). Kemandirian dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi (pp. 148-153). Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem Based Learning: Apa dan Bagaimana? Diffraction: Journal for Physics Education and Applied , 27-35.
Athoilah, M. F., & Setialesmana, D. (2019). Korelasi Antara Kecemasan Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional & Call For Papers (pp. 389-395). Tasikmalaya: Program Studi Magister Matematika Universitas Siliwangi.
Febriani, Tawil, M., & Sari, S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Gender. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan 3(2), 67-82.
Khaerunisa, A. R., Dewi, E. M., & Akmal, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 5(1), 53-58.
Lestari, A. A., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Didactical Mathematics 4(1), 283-293.
Maslahah, Wijayanti, R. R., & Aini, N. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. SIGMA 7(1), 21-29.
Mawaddah, H., & Zaida, N. A. (2021). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Positif pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di RA Labschool IIQ Jakarta. Hamalatul Quran: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran 2(1), 1-6.
Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) (pp. 73-82). Karawang: Universitas Singaperbangsa.
Pribadi, G. I., Fadjarajani, S., & Kuswarini, P. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Kooperatif. Geoducation 1(1), 14-22.
Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok. Spirit Publik 14 (1), 37-55.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Surat, I. M., & Jayani, N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 8(2), 205-213.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Sleman: Penerbit Deepublish.
Yanto, F., Festiyed, & Enjoni. (2021). Problem Based Learning Model for Increasing Problem Solving Skills in Physics Learning. JIPF: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika 6(1), 53-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.