Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas 5 SDN 39 Mataram

Authors

  • Putri Zumiaty Universitas Mataram
  • Abdul Qadir Jaelani Universitas Mataram
  • Rabiatun Oktafiani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.700

Keywords:

Game Based Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas 5 SDN 39 Mataram, melalui penerapan game based learning. Metode penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dengan empat tahap kegitan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data diambil dari hasil observasi dan angket siswa. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Hasil penelitian terkait penerapan model pembelajaran game basid learning di kelas 5 SDN 39 Mataram menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik pada setiap siklus, diantaranya pada siklus 1 terdapat 75% dengan kategori baik data motivasi belajar dan di siklus 2 terjadi peningkatan hasil data motivasi belajar sebanyak 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan game based learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

References

Aymajaya, T., Susanta, A., & Utari, T. (2023). Pengaruh GBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JMPS,7(3),441–449. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.441-449

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. doi: http://dx.doi.org/10.22373/l

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13. doi: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Kusuma, M. A., Kusumajanto, D. D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif Pembelajaran Aktif di Era Pandemi melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning. Edcomtech, 7(1), 28-37. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p028

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Maulidina, M. A., & Abidin, Z. 2018. Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. 4 (2):113-118.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rista, K., & Ariyanto, E. A. (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(2).

Siregar, P. D., & Sitepu, M. S. (2023). Pengaruh Model Game Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Muhammdiyah 01 Medan. Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 3(2), 263-271. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIM/article/view/5099

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,10(3),202. Diperoleh dari https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Putri Zumiaty, Abdul Qadir Jaelani, & Rabiatun Oktafiani. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas 5 SDN 39 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 669–673. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.700

Issue

Section

Articles