Efektivitas Penggunaan Aplikasi Educaplay Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V

Authors

  • Windiana Rizkiani Windi Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.690

Keywords:

Educaplay, Pendidikan Pancasila, Keaktifan Siswa, Media Pembelajaran

Abstract

Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa melalui pemahaman nilai-nilai Pancasila. Namun, sering kali peneliti mendapati bahwa rendahnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran menjadi kendala utama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan aplikasi Educaplay dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas V SDN 16 Ampenan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, wawancara, dan angket persepsi siswa terhadap proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa yang signifikan. Pada tahap pra-siklus, tingkat keaktifan siswa berada di angka 52%, kemudian meningkat menjadi 78% pada siklus pertama, dan mencapai 88% pada siklus kedua. Peningkatan ini terjadi karena fitur-fitur interaktif Educaplay mampu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif. Selain itu, kegiatan kuis berbasis aplikasi terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan dan berkesan.  Penggunaan aplikasi ini tidak hanya memudahkan pengelolaan kelas, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Educaplay berimplikasi positif terhadap tiga aspek penting, yakni: meningkatkan keaktifan siswa, mempermudah peran guru dalam mengelola pembelajaran, dan menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif serta interaktif. Oleh karena itu, aplikasi Educaplay direkomendasikan sebagai media pembelajaran inovatif yang efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

References

Fitriani, A., & Jasiah, J. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran SKI. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 10(4), 41-50.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 87-93. https://journal.uniga.ac.id/index.php/K/article/view/292

Herwani, H. (2023). Peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(4), 969-981.

Lukman Hakim. (2023). Kontribusi Pengembangan Teknologi di Era Pendidikan Abad 21. Diakses pada Desember 2, 2023, dari https://ppg.kemdikbud.go.id/news/kontribusi-pengembangan-teknologi-di-era-pendidikan-abad-21

Muhammad Japar, dkk. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. Jakad Publishing: Surabaya.

Rusyan A. Tabrani. (1993). Proses Belajar-Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Penerbit: Bina Budaya: Bandung.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sepriatna, D., Supriatna, D., & Hartono, R. (2024). Pengaruh game edukasi Educaplay untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDN Neglasari 02. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 80-94.

Suarni, Ni Ketut. (1996). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Diktat Materi Kuliah Perkembangan dan Belajar Peserta Didik, untuk Mahasiswa D-2. PGSD FKIP Singaraja.

Supriyono, S. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative.

Wahid, A. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra`: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2). https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461

Zanuar, A. R. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Educaplay Sebagai Alat Bantu Asesmen Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Paberasan I. JIM: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 1-12.

Downloads

Published

2025-02-23

How to Cite

Windi, W. R., Nurhasanah, & Nurhasanah. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Educaplay Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 647–651. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.690

Issue

Section

Articles