Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas 1 B SD Negeri 15 Cakranegara

Authors

  • nurul amaliyah burhan universitas mataram
  • Elvadwi Sholissafitri
  • Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.689

Keywords:

Keaktifan belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PBL (problem based learning) pada mata elajaran matematika kelas 1 B SD Negeri 15 Cakranegara yang berjumlah 28 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian elajara kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang menjadi pedoman bagi peneliti dalam melakukan pengamatan tentang keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL. Adapun hasil penelitian penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siklus 1 dan siklus 2 pembelajaran matematika menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan skor rata-rata yang diperoleh pada siklus 1 yaitu 3,20 dengan kategori sedang, dan skor rata-rata yang diperoleh pada siklus 2 yaitu 4,02 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan, penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas 1 B SDN 15 Cakranegara.

References

Anisa, R. N., & Riadin, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017: Efforts to Improve Student Learning Outcomes in Mathematics Subjects by using the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model at 2 Strait Elementary Schools in Kuala Kapuas 2016/2017 Academic Year. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 53–61.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramana Widya.

Erna, 2015. Hubungan antar pencapaian target kurikulum dengan daya serap siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ilhamsyah, A., Hardin., Aisyah, A., & Satwika, T. N. (2024). “Peningkatan Keaktifan Peserta didik Melalui Model Pembelajaran PBL dengan Media Video Animasi Kelas VII.1 di UPT SPF SMP Negeri 14 Makassar†Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Universitas Negeri Makassar, 6(2), 1454-1464.

Khasanah, Lailatul. (2023). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 1 SD Negeri Lowokwaru 3 Malang†SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, 4(2), 1-10.

Maison, M., Kurniawan, D. A., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap sains?. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 135–145.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Saputri, Adisya Gressyela, & S., & Trihantoyo. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidika, 10(2), 352–363.

Siswanti, Rini., & Harjoni, Nyoto. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD†MAJU, Universitas Kristen Satya Wacana, 6(1), 60-71.

Sri Dwijayanti, N., & Sari, N. (2021). Profesionalisme Kinerja Guru Dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring Smk Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 161.

Sriyanti, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Ayat-Ayat Al- Qur ’ an Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Bilangan. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1558–1567.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, A. (2013). Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari, S., & N. (2021). Studi Literatur penggunaan PBL berbasis Video untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Fisika, 9, 7-17.

Yanti, N., Sofiyan, Ramadhani, D., & Putra, dan A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

burhan, nurul amaliyah, Elvadwi Sholissafitri, & Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas 1 B SD Negeri 15 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 922–928. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.689

Issue

Section

Articles