Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Interaktif Muatan Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 3 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.688Keywords:
Hasil belajar, PPKn, Model Problem Based Learning, Media InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning berbantu media interaktif muatan pelajaran PPKn kelas IV SDN 3 Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis deskriptif kulaitatif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 3 Mataram dengan jumlah 25 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui nilai evaluasi pra siklus dari 25 peserta didik yang memperoleh hasil belajar tuntas hanya 8 peserta didik atau 32% dan 17 peserta didik atau 68% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 61,2 dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Pada siklus I terlihat bahwa dari 25 peserta didik memperoleh nilai rata-rata 76 dengan kategori baik. Pada siklus I terdapat 4 atau 16% peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM dan 21 atau 84% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh dari 25 peserta didik adalah 86 dengan kategori sangat baik. Artinya penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan yan g dapat dinyatakan berhasil.
References
Anditya, J. S., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas IV Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76532
Bariyyah, K. (2021). Problem solving skills: esssential skills challenges for the 21st century graduates. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 71. https://doi.org/10.29210/120212843
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(May), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Mufidah, H. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.11980
PGRI Semarang, U., Anas, R. M., Andri Nugroho, A., Widayanti, L., & Khristiyowati, E. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Panjulziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas IV. November, 2970–2977.
Prilla Anggia Putri, D. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkanhasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1B SD Sawah Besar 01 Semarang. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 286–295.
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Wijaya, F. A., Mawardi, & Wardani, K. W. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Widyagogik, 5(2), 149–159.
Wulandari, Y., & Abadi, U. P. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Analysis Application Learning Model for Pancasila and Citizenship Education ( PPKN ) Subjects for Students Class IV Elementary School in Langkat , North Sumatera 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(5), 266–269.
Youna Chatrine Bachtiar, Mohammad Edy Nurtamam, Tomi Apra Santosa, Unan Yasmaniar Oktiawati, & Abdul Rahman. (2023). the Effect of Problem Based Learning Model Based on React Approach on Students’ 21St Century Skills: Meta-Analysis. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(5), 1576–1589. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v3i5.1047
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.