Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Karakter Gotong Royong di Kelas IV SDN 42 Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.685Keywords:
Hasil Belajar, Karakter Gotong Royong, model Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan karakter gotong royong pada peserta didik kelas IV SDN 42 Ampenan tahun 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan proses pengambilan data menggunakan lembar observasi, wawancara, serta dokumentasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan jumlah sampel yang digunakan 18 peserta didik. Berdasarkan data observasi yang dilakukan, maka diperoleh hasil pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPAS.
Â
Â
References
Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Oxon: Routledge.
Cartono, & Utari, T.S.G. (2006). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Prisma Press Prodaktama
Dimyati dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Kemendikbud. (2016). Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rusman.2011. Model –Model Pembelajaran Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Widoyoko. 2029. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, M. (2004), Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.