Peran Teknologi Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram

Authors

  • Muhammad Kasyiful Kurabi Universitas Mataram
  • Rozi Fadillah Universitas Mataram
  • Devani Espana Universitas Mataram
  • Fitria Ningsih Universitas Mataram
  • Ema Suryani Azmi Universitas Mataram
  • Lidya Arini Sholeha Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.683

Keywords:

Teknologi Interaktif, Web, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi interaktif berbasis web dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP NW Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana pemilihan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert, kemudian diolah lebih lanjut menggunakan software SPSS. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa Teknologi Informasi dan Kemudahan Penggunaan merupakan faktor yang efektif terhadap motivasi belajar siswa. Nilai koefisien regresi masing-masing sebesar 0,608 dan 0,632. Kemudahan Penggunaan juga lebih berpengaruh terhadap variabel terikat motivasi belajar, dengan nilai t-hitung sebesar 6,194 dan signifikansi dibawah 0,001. Keseluruhan model regresi signifikan berdasarkan hasil uji ANOVA: F=23,439; oleh karena itu, nilai p-nya juga di bawah 0,001. Temuan ini menegaskan bahwa kegunaan dan kemudahan penggunaan teknologi informasi diperlukan secara bersama-sama untuk membuat lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung yang akan sangat meningkatkan motivasi belajar di kalangan siswa.

References

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP e-PROCEEDING, 1-5.

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 64-73.

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Education Research Journal, 1(1), 1-15.

Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 148-153). Palembang: JOURNAL ONLINE UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27-33.

Kahfi, M., Srirahayu, E., & Nurparida. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Un tuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Petik, 7(1), 63-70.

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri, 26(1), 21-32.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2099-2104.

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. JURNAL BASICEDU, 7(1), 993-1001.

Septiana, D. A., Gunarhadi, & Akhyar, M. (2021). Pengembangan Media Interactif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 158-167.

Srihastuti, E., & Isnaniati, S. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Terhadap Efektifitas Pelaporan Akuntansi UMKM di Desa Banyuanyar. In Journal Management (Vol. 19, Issue 3),355-361.

Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus Evaluasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 380-390.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Muhammad Kasyiful Kurabi, Rozi Fadillah, Devani Espana, Fitria Ningsih, Ema Suryani Azmi, & Lidya Arini Sholeha. (2025). Peran Teknologi Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 630–635. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.683

Issue

Section

Articles