Peran Teknologi Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP NW Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.683Keywords:
Teknologi Interaktif, Web, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi interaktif berbasis web dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP NW Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana pemilihan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert, kemudian diolah lebih lanjut menggunakan software SPSS. Dari hasil analisis regresi diketahui bahwa Teknologi Informasi dan Kemudahan Penggunaan merupakan faktor yang efektif terhadap motivasi belajar siswa. Nilai koefisien regresi masing-masing sebesar 0,608 dan 0,632. Kemudahan Penggunaan juga lebih berpengaruh terhadap variabel terikat motivasi belajar, dengan nilai t-hitung sebesar 6,194 dan signifikansi dibawah 0,001. Keseluruhan model regresi signifikan berdasarkan hasil uji ANOVA: F=23,439; oleh karena itu, nilai p-nya juga di bawah 0,001. Temuan ini menegaskan bahwa kegunaan dan kemudahan penggunaan teknologi informasi diperlukan secara bersama-sama untuk membuat lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung yang akan sangat meningkatkan motivasi belajar di kalangan siswa.
References
Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP e-PROCEEDING, 1-5.
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 64-73.
Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Education Research Journal, 1(1), 1-15.
Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 148-153). Palembang: JOURNAL ONLINE UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27-33.
Kahfi, M., Srirahayu, E., & Nurparida. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Un tuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Petik, 7(1), 63-70.
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri, 26(1), 21-32.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2099-2104.
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. JURNAL BASICEDU, 7(1), 993-1001.
Septiana, D. A., Gunarhadi, & Akhyar, M. (2021). Pengembangan Media Interactif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 158-167.
Srihastuti, E., & Isnaniati, S. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Terhadap Efektifitas Pelaporan Akuntansi UMKM di Desa Banyuanyar. In Journal Management (Vol. 19, Issue 3),355-361.
Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus Evaluasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 380-390.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.