Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Aspek Peduli Lingkungan pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV di UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.677Keywords:
Implementasi pendidikan karakter, Peduli lingkungan, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter aspek peduli lingkungan pada pembelajaran IPS siswa kelas IV di UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar, faktor penghambat pendidikan karakter peduli lingkungan, dan dampak ketidakpedulian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada pembelajaran IPS kelas IV di UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar sudah diterapkan dengan baik. Pembentukan karakter peduli lingkungan di lakukan dengan adanya pembiasaan-pembiasaan sebelum kegiatan pembelajaran IPS berlangsung serta di dukung dengan kegiatan peduli lingkungan di luar pembelajaran seperti kegiatan sabtu bersih. Faktor penghambat pendidikan karakter peduli lingkungan seperti kebiasaan peserta didik yang belum sepenuhnya menerapkan sikap peduli lingkungan. Adapun dampak ketidakpedulian lingkungan membawa dampak negatif bagi lingkungan.
References
Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(1).
Anditha, A. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD.
Anna Maria Oktaviani, Abdul Malik Iskandar, S. N. (2022). Implementasi model pembelajaran debate dalam meningkatkan kecerdasan emosiaonal siswa. 1(1), 17–24.
Hamzah, A. (2020). Implementasi pendidikn krakter dalam membentuk sikap peduli lingkungan peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VIII A MTS Al Ittihad Poncokusumo Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1–2), 6. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019
Muharam, A., Mustikaati, W., Rosafina, M., Septiani, N., & Rofatannuroh. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V di SDN Sindangkasih 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10417–10426.
Nofriza, E. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang Implementation of Character Cares About The Environment in Elementary School Lolong Belanti Padang. 4(2), 1–10.
Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa SD melalui model pembelajaran Debate di Kota Makassar. (2021). 1(2), 82–89.
Nurratri kurnia sari; Linda dian puspita. (2019). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. 2, 57–72.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Oktaviani, A. M., Marini, A., Guru, P., Dasar, S., Primagraha, U., Dasar, P., Jakarta, U. N., Timur, J., Guru, P., Dasar, S., Pelita, U., & Pusat, C. (2022). Pendidikan karakter melalui pembelajaran ips sd.
Rahmawati, Y., & Haryani, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1596–1606.
Sofiana haul, Yosef firman narut, M. N. (2021). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 66.
Syaumi, I. K., Putra, W., Adi, S., & Arifin, M. H. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPS di SD. 6, 4277–4281.
Wati, S. (2021). Peningkatan hsil belajar mata pelajaran IPA siswa SD melalui model pembelajaran Debate di Kota Makassar. 1 (2), 82-89
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.